Ini Cara Pemerintah Agar Pertamina Tidak Rugi Jual BBM

Annisa ayu artanti    •    Rabu, 22 Jul 2015 16:50 WIB
bbm
Ini Cara Pemerintah Agar Pertamina Tidak Rugi Jual BBM
Ilustrasi -- MI/PANCA SYURKANI

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah, dalam hal ini Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), akan membantu PT Pertamina (Persero) agar tidak rugi dalam menjual Bahan Bakar Minyak (BBM).

Menteri ESDM Sudirman Said mengatakan, akibat kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah beberapa waktu lalu yakni terkait kebijakan menstabilkan harga, Pertamina mendapatkan kerugian.

"Tetap saja posisi kita adalah melihat dengan cermat mengamati perkembangan. Jangan lupa beberapa waktu yang lalu Pertamina menanggung selisih negatif karena kita punya kebijakan ingin menstabilkan harga," kata Sudirman di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Rabu (22/7/2015).

Ia memaparkan bagaimana cara mengelola harga BBM ke depan sehingga bisa membantu Pertamina meminimalisir selisih negatifnya. Salah satunya dengan cara tidak langsung menurunkan harga minyak.

Selain itu, jika harga minyak mengalami penurunan, pemerintah tidak akan serta merta langsung menurunkan harga BBM. Dengan kelebihan harga itu, pemerintah akan mengembalikannya ke Pertamina untuk menutupi kerugian atas penjualan BBM saat harga minyak naik.

"Nanti kalau harga minyak turun kita (pemerintah) tidak akan buru-buru turun. Karena kita harus kompensasi apa yang jadi kerugian Pertamina kemarin," jelas dia.

Lebih lanjut, tambah dia, dengan melakukan hal tersebut secara tidak langsung pemerintah juga mengelola masalah subsidi.

"Dan itu adalah wujud pemerintah dalam kelola masalah subsidi. Kalau ada yang meragukan bahwa kami tidak konsisten kami jalan terus. Tapi masyarakat harus dibantu jaga stabilitas harga," pungkas dia.


(AHL)

Pengamanan Setnov di RSCM Berkurang

Pengamanan Setnov di RSCM Berkurang

56 minutes Ago

Ketua DPR Setya Novanto masih menjalani perawatan intensif di RSCM, Jakarta Pusat. Pengamanan d…

BERITA LAINNYA