Macam-macam Batuk dan Artinya

   •    Rabu, 22 Jul 2015 17:16 WIB
kesehatan
Macam-macam Batuk dan Artinya
Ilustrasi (ziarelive.ro)

Metrotvnews.com: Alergi? Flu? Apapun penyebabnya, ada alasan sederhana di balik kenapa batuk itu terjadi. Menurut Dr Jonathan Parsons, Direktur Klinik Batuk di University Wexner Medical Center Ohio, menjelaskan bahwa batuk merupakan mekanisme pelindung untuk membersihkan jalan napas Anda.

Anda tidak bisa menentukan batuk apa yang Anda derita hanya dengan mendengarkannya saja. Ada beberapa perbedaan kunci untuk memberi petunjuk tentang batuk apa yang Anda derita. 

- Postnasal Drip
Batuk Postnasal Drip kedengarannya samar-samar, bisa seperti batuk kering, bisa juga batuk basah. Ini biasanya disebabkan oleh lendir yang menetes ke bawah tenggorokan Anda (baik karena alergi atau dingin), yang menggelitik ujung saraf sehingga memicu batuk.

Gejala batuk ini pasti akan memburuk saat malam hari, di mana ada perasaan geli di bagian belakang tenggorokan Anda. Jika itu karena alergi, mungkin mata Anda juga akan gatal-gatal dan Anda tidak berhenti bersin.

Jika Anda mencurigai itu adalah alergi, segera periksakan diri Anda ke dokter. Dan apabila itu hanya terjadi karena hawa dingin, Anda dapat mencoba solusi alami seperti meminum air garam. Tetapi, apabila dalam jangka waktu lebih dari seminggu Anda tetap batuk, mungkin Anda menderita infeksi sinus dan Anda memerlukan antibiotik sebagai obatnya.

- Asma
Batuk penyakit Asma biasanya terdengar seperti batuk kering yang berakhir dengan bunyi menciut-ciut. Pada penderita asma, saluran pernapasannya telah meradang, hingga ia kesulitan bernapas dan batuk.

Tanda-tanda lainnya, batuk akan semakin memburuk pada malam hari atau saat Anda sedang beraktivitas yang menyebabkan dada sesak, sesak napas, dan kelelahan.

Ketika memeriksa asma, dokter akan melakukan spirometri, tes fungsi paru-paru. Untuk mengobatinya, ada dua jenis obat yaitu obat bantuan cepat (bronkodilator seperti albuterol, yang membuat pasien lebih mudah untuk bernapas) dan obat-obatan yang harus diminum setiap hari untuk mengendalikan asma.

- Gerd
Batuk gerd terdengar seperti batuk kering dan batuk spasmodik. Gerd merupakan penyakit ketika asam dari perut Anda naik ke kerongkongan Anda. Ini adalah penyebab paling umum kedua dari batuk kronis, yang menyebabkan sekitar 40 persen kasus batuk yang ada, menurut data dari 2006 ulasan yang diterbitkan Nature.

Gejala lain dari batuk gerd yaitu batuk Anda akan semakin buruk ketika Anda berbaring atau makan. "Tanda klasik batuk dimulai setelah Anda berbaring di tempat tidur pada malam hari," kata Dr Parsons. Sekitar 75 persen pasien gerd dengan batuk kronis memiliki gejala lain, termasuk mulas dan suara serak.

Apabila Anda menderita gerd Anda perlu melakukan tes x-ray dari saluran pencernaan atas atau endoskopi (di mana dokter menyisipkan tabung fleksibel ke tenggorokan Anda untuk memeriksanya). Gerd diobati dengan obat-obatan OTC atau resep untuk mengurangi produksi asam, seperti Pepcid AC, Zantac, atau Prilosec.

- Pneumonia
Batuk pneumonia awalnya adalah batuk kering yang setelah beberapa hari berubah menjadi batuk basah dengan lendir berwarna kuning, hijau, bahkan merah.

Tanda-tanda lainnya bisa demam, menggigil, kesulitan bernapas, bahkan nyeri saat Anda bernapas dalam-dalam.

Dokter Anda biasanya dapat mengetahui apakah Anda memiliki pneumonia dengan menaruh stetoskop pada dada Anda. Tetapi, terkadang juga memerlukan x-ray dan tes darah untuk menentukan apakah itu virus atau bakteri. Pengobatan terakhir batuk ini dengan meminum antibiotik, jika itu virus, satu-satunya obat dari batuk pneumonia adalah istirahat, OTC obat-obatan batuk, dan sup ayam. (Sumarni / foxnews)


(AWP)

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

12 hours Ago

KPK akan tetap menghadapi proses persidangan selanjutnya yang masuk dalam tahap pembuktian.

BERITA LAINNYA