Dell Umumkan Hasil Global Women Entrepreneur Leader Scorecard

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Rabu, 22 Jul 2015 17:30 WIB
dell
Dell Umumkan Hasil Global Women Entrepreneur Leader Scorecard
Hasil survei scoreboard.

Metrotvnews.com: Dalam acara tahunan Dell Women's Entreprenur Network, Dell mengumumkan survei yang mereka adakan mengenai wirausahawan wanita di 31 negara. Survei yang diberi judul Global Women Entrepreneur Leader Scorecard ini bertujuan untuk mengetahui tantangan yang harus dihadapi oleh para wirausahawan wanita untuk mendirikan dan mengembangkan usaha mereka sendiri. 

Dalam survei ini, Dell melakukan evaluasi terhadap 5 kategori, yaitu lingkungan bisnis, akses sumber daya, kepemimpinan dan hak, kesempatan para wirausahawan wanita dan potensi pertumbuhan dari bisnis yang dimiliki oleh wanita.

"Di Dell, kami yakin bahwa wirausahawan wanita memiliki peran penting dalam bisnis di masa depan," kata Karen Quintos, Senior Vice President dan Chief Marketing Officer Dell. "Dengan Dell Women's Entreprenur Network, kami berharap kami dapat memastikan bahwa para pebisnis wanita dapat mendapatkan akses teknologi, modal dan jaringan yang mereka perlukan untuk mengembangkan bisnis mereka."

Scorecard membuktikan bahwa di 31 negara yang menjadi tempat survei, masih terlihat adanya kesenjangan dalam hal akses ke sumber daya seperti pendidikan, internet, program pelatihan untuk UKM dan kepemilikan rekening bank. Selain itu, Scorecard juga menunjukkan bahwa bahkan dalam lingkungan bisnis modern, seperti di AS, akses modal untuk pebisnis wanita masih cukup sulit.

Hal ini terlihat dari fakta bahwa hanya 13 persen bisnis startup yang memiliki wanita dalam dewan eksekutifnya dan hanya terdapat 3 persen bisnis startup yang dipimpin CEO perempuan yang mendapatkan modal pada tahun 2014 lalu.

Selain itu, survei ini juga menunjukkan bahwa tiap negara memiliki karakteristik wanita yang berbeda dengan lingkungan bisnis yang berbeda pula. Misalnya wanita Nigeria, mereka merasa mereka memiliki peluang besar untuk menjadi pebisnis. Sayangnya, lingkungan bisnis yang lemah di Nigeria menjadi hambatan bagi mereka untuk mengembangkan bisnis mereka.

Sebaliknya, Jepang memiliki lingkungan bisnis yang stabil. Meskipun begitu, para wanita Jepang cenderung tidak melihat adanya kesempatan untuk berbisnis atau bahkan merasa mereka tidak cukup mampu untuk menjadi wirausahawan.

Hal lain yang ditemukan oleh Scorecard ini adalah bahwa posisi penting perusahaan masih didominasi laki-laki. Dari 31 negara, hanya empat negara yang menyebutkan bahwa 5 persen posisi CEO perusahaan penting dipegang oleh wanita. Enam negara bahwa mengakui bahwa mereka tidak memiliki CEO perempuan.

Sementara itu, hanya 3 negara yang memiliki persentase lebih dari 35 persen dalam hal wanita yang menjabat sebagai senior manajer. Dan Perancis adalah satu-satunya negara dengan 30 persen dewan eksekutif perusahaan diisi oleh wanita.


(ABE)