Sulut Dorong Ekspor Komoditas Pasar Non-tradisional

Antara    •    Rabu, 22 Jul 2015 17:44 WIB
ekspor
Sulut Dorong Ekspor Komoditas Pasar Non-tradisional
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf)

Metrotvnews.com, Manado: Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Darwin Muksin menyatakan bahwa di tahun ini pihaknya akan mendorong ekspor komoditas unggulan ke pasar non tradisional.

"Banyak negara-negara baru yang sebenarnya memerlukan produk pangan dan hal ini harus dimanfaatkan dengan baik oleh pengekspor Sulut," kata Darwin, di Manado, Rabu (22/7/2015).

Darwin mengungkapkan pihaknya mendorong para pengekspor untuk memasarkan produknya ke negara-negara Timur Tengah, Eropa Timur, dan Afrika Selatan, serta negara yang tergabung dalam Australia, Tiongkok, India, Jepang, Korea Selatan, dan Selandia Baru.

"Kita akan mendorong ke negara bagian tersebut, karena pasar negara-negara di kawasan itu masih terus berkembang," ungkapnya.

Dia tak memungkiri memang situasi perdagangan global pada tahun ini merupakan situasi tersulit bagi para eksportir karena berada pada kondisi ketidakpastian akibat krisis Eropa yang belum menunjukkan tanda-tanda akan berakhir.

"Untuk itu, eksportir perlu mencari pasar ekspor ke negara-negara baru agar pertumbuhan bisnis dapat terjaga dan berkembang, sehingga mampu mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia khususnya Sulut ke arah yang lebih baik," pungkasnya.



(ABD)