Harga Cabai Merah di Pangkalpinang Bertahan Tinggi

Antara    •    Rabu, 22 Jul 2015 18:24 WIB
harga cabai
Harga Cabai Merah di Pangkalpinang Bertahan Tinggi
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Ampelsa)

Metrotvnews.com, Pangkalpinang: Harga cabai merah di pasar-pasar di Kota Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung, masih bertahan tinggi meski hari raya Lebaran sudah terlewati. Namun demikian, stok untuk cabai merah berada pada kondisi cukup dan pasokan juga terbilang lancar.

"Harga cabai merah bertahan Rp60.000 per kilogram, harga cabai hijau Rp30.000 per kilogram, sedangkan harga bawang merah bertahan Rp28.000 per kilogram dan bawang putih Rp20.000 per kilogram," kata seorang pedagang, Rey, di Pangkalpinang, Rabu (22/7/2015).

Ia mengatakan, harga yang bertahan tinggi itu karena permintaan juga masih cukup tinggi setelah libur Lebaran, sebab warga mulai banyak yang berbelanja untuk keperluan sehari-harinya terutama bahan bumbu masakan itu.

"Selama Lebaran warga tidak dapat belanja barang kebutuhan sehari-hari karena umumnya banyak toko yang tutup untuk merayakan Lebaran sehingga ketika toko-toko itu dibuka kembali warga mulai berbondong-bondong membeli bahan-bahan tersebut," ujarnya.

Menurut dia, harga akan kembali normal jika permintaan mulai stabil. Untuk mencukupi permintaan, pasokan didatangkan dari luar daerah karena hasil petani lokal masih minim dan tidak dapat mencukupi permintaan warga di daerah ini.

"Kemungkinan permintaan akan stabil sekitar dua minggu lagi, sementara itu pedagang terus mendatangkan pasokan secara kontinu agar harga tidak mengalami kenaikan lagi," pungkasnya.


(ABD)