Semifinal Piala Emas 2015

Tumbangkan AS dan Lolos ke Final, Jamaika Ciptakan Sejarah

Hilman Haris    •    Kamis, 23 Jul 2015 09:37 WIB
piala emas concacaf
Tumbangkan AS dan Lolos ke Final, Jamaika Ciptakan Sejarah
Jamaika merayakan kemenangan atas AS di semifinal Piala Emas 2015 (Kevin C. Cox / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / AFP)

Metrotvnews.com, Atlanta: Timnas Jaimaka secara mengejutkan berhasil mengalahkan Amerika Serikat di semifinal Piala Emas 2015, Kamis 23 Juli. Walau tidak diunggulkan, skuat asuhan Winfried Schäfer itu berhasil melaju ke final usai mempencundangi AS dengan skor 2-1.

Babak pertama menjadi kunci kemenangan Jamaika pada laga ini. Pada saat performa AS belum "panas", Jamaika berhasil mencetak dua gol pada menit ke-30 dan ke-35. Jaimaka memutuskan untuk memeragakan taktik bertahan pada babak kedua. Strategi itu berbuah hasil maksimal. AS gagal membalikkan kedudukan karena hanya bisa mencetak satu gol pada menit ke-47.

Jaimaka pantas merayakan hasil tersebut dengan suka cita. Pasalnya, kemenangan atas AS membuat negara asal Karibia itu menorehkan tinta emas dengan melangkah ke laga final Piala Emas untuk pertama kali. Makin spesial karena Jamaika juga menjadi negara Karibia pertama yang bisa melaju ke final Piala Emas. Sejak Piala Emas digulirkan pada 1991, babak semifinal menjadi prestasi tertinggi yang pernah ditorehkan negara asal Kepulauan Karibia. 

Jaimaka akan berhadapan dengan  Meksiko pada laga final, Senin 27 Juli WIB. Meksiko berhak lolos ke final usai mengalahkan Panama dengan skor 2-1. Meksiko harus susah payah mendapatkan tiket ke final karena harus berjuang hingga babak perpanjangan waktu untuk mengalahkan Panama. 

Sementara itu, AS  dan Panama yang kalah di semifinal akan bertemu untuk memperebutkan posisi ketiga pada Minggu 25 Juli WIB.

Fakta pertandingan
AS 1-2 Jamaika (Michael Bradley 47 - Darren Mattocks 30, Giles Barnes 35)
Panama 1-2 Meksiko (Roman Torres 57- Andres Guardado 90, 105)


(HIL)