Fadli Zon Minta Masalah Tolikara Diselidiki Cepat dan Tepat

Anggitondi Martaon    •    Kamis, 23 Jul 2015 11:44 WIB
dpr ads
Fadli Zon Minta Masalah Tolikara Diselidiki Cepat dan Tepat
Wakil Ketua DPR Fadli Zon -- ANT/Reno Esnir

Metrotvnwes.com, Jakarta: Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon meminta pihak berwajib menyelidiki aksi sekelompok massa di Tolikara, Papua, saat Idul Fitri secara cepat dan tepat.

"Ibarat api ketika kebakaran dipadamkan. Ketika api kecil, jangan dibiarkan menjadi besar. Karena itu, yang penting aparat keamanan lakukan stabilisasi terhadap keadaan dan menindak oknum pelakunya," kata Fadli di gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (22/7/2015).

Fadli menambahkan, DPR akan mendukung upaya penyelesaian yang dilakukan pihak aparat keamanan. DPR juga ingin berdiskusi dengan Polri dan pemerintah, agar penanganan Tolikara menjadi prioritas karena menyangkut SARA (suku, agama, ras dan antargolongan).

"Kami akan kumpulkan banyak informasi dan meminta keterangan, serta sarankan pada pemerintah lagkah-langkah yang diambil. Terutama terkait stabilisasi keamanan dan penegakkan hukum. Kalau diperlukan, akan dibentuk tim untuk melihat langsung kesana‎," tegasnya.

Politisi Partai Gerindra ini berharap Badan Intelejen Negara (BIN) dapat mengoptimalkan kinerjanya untuk mengantisipasi potensi terjadinya konflik di suatu  daerah.

"Intelijen harus lebih antisipatif terhadap potensi-potensi kerawanan yang terjadi," katanya.


(NIN)