O.C. Kaligis akan Ajukan Praperadilan

Yogi Bayu Aji    •    Kamis, 23 Jul 2015 11:53 WIB
kpk tangkap hakim ptun
O.C. Kaligis akan Ajukan Praperadilan
OC Kaligis ditahan----Ant/Vitalis Yogi

Metrotvnews.com, Jakarta: Tim pengacara O.C. Kaligis akan mempraperadilkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Mereka tak terima dengan penetapan Kaligis sebagai tersangka kasus tindak pidana korupsi suap majelis hakim dan panitera Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Medan.

"Dari beberapa pendapat yang berlawanan dengan KUHAP, maka 'confirmed' setelah konsultasi ke Pak Kaligis, kita akan ajukan praperadilan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya," kata pengacara Kaligis, Afrian Bondjol di Gedung KPK, Jalan H.R. Rasuna Said, Jakarta Selatan, Kamis (23/7/2015).

Afrian menerangkan, pihaknya juga akan melayangkan laporan ke Badan Reserse Kriminal Polri dan Komnas HAM. Sebab, kata dia, Kaligis merasa terjadi perampasan kemerdekaan.

Ia menilai, ada sejumlah prosedur hukum yang dilanggar oleh KPK. Pertama terkait kunjungan ke rutan, kedua soal panggilan pemeriksaan dan penjemputan, dan ketiga penetapan tersangka. Namun, Afrian akan legowo andai Kaligis benar-benar bersalah.

"Kalau nanti terbukti, Pak Kaligis bersalah, ya tidak apa-apa, kita terima Pak Kaligis dihukum, tapi ini kan enggak, ini saja sudah ada masalah prosedur," jelas Afrian.



 


(TII)