Puluhan Anak Bagi-bagi Balon di Solo

Pythag Kurniati    •    Kamis, 23 Jul 2015 12:08 WIB
hari anak nasional
Puluhan Anak Bagi-bagi Balon di Solo
Aksi puluhan anak di Hari Anak Nasional di Solo, Metrotvnews.com/ Pythag Kurniati

Metrotvnews.com, Solo: Puluhan anak di Kota Solo, Jawa Tengah, berkumpul pada Rabu 23 Juli. Mereka merayakan Hari Anak Nasional dengan membagi-bagikan balon kepada warga yang melintasi Titik Nol Kota Solo.

Mereka membawa balon dan sejumlah poster. Beberapa poster bertuliskan 'Lindungi Anak-anak' dan 'Penuhi Hak Anak.' Mereka juga menyanyikan lagu anak-anak sepanjang aksi.

Beberapa balon diserahkan kepada Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo. Kepada anak-anak, Wali Kota Solo berjanji akan memenuhi hak anak mulai dari tumbuh kembang hingga perlindungan.

"Mereka merupakan penerus bangsa, Pemkot Solo selalu berusaha mewujudkan Kota Layak Anak dengan memenuhi hak-hak anak," ujarnya saat menghadiri acara tersebut.

Rudi, demikian ia biasa disapa, juga mengungkapkan untuk memenuhi hak partisipasi. Pemkot akan mengupayakan sebuah radio komunitas untuk anak-anak di Kota Solo.

Ketua Forum Anak Surakarta, Aprilia Dian, 15, berharap hari ini menjadi momentum tepat untuk menyampaikan aspirasinya. "Kami harap pemerintah mengambil sikap misalnya bagi teman- teman kami yang putus sekolah, yang kurang mampu, maupun yang berada di jalanan," tuturnya.

Hari Anak Nasional yang jatuh pada 23 Juli menjadi refleksi bagi Indonesia sebagai salah satu negara yang meratifikasi Konvensi Hak Anak pada tahun 1990. Pada kenyataannya di Indonesia masih ditemui kasus penelantaran, kekerasan pada anak, eksploitasi anak dan lain sebagainya.


(RRN)