Rupiah di Rp13.400/USD, Menko: Masih Wajar

Suci Sedya Utami    •    Kamis, 23 Jul 2015 12:31 WIB
rupiah melemah
Rupiah di Rp13.400/USD, Menko: Masih Wajar
Menteri Koordinator Perekonomian Sofyan Djalil (MI/PANCA SYURKANI)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Sofyan Djalil mengungkapkan pelemahan nilai tukar rupiah yang dibuka pagi ini telah menembus level Rp13.400 per USD dinilai masih dalam batas wajar di tengah kondisi ketidakpastian global.

Ia tak memungkiri pergerakan nilai tukar rupiah selalu menjadi pembicaraan yang menarik di masyarakat. Namun, Sofyan menekankan bahwa pemerintah bersama Bank Indonesia (BI) selalu melakukan monitor di pasar keuangan untuk menjaga rupiah bergerak secara wajar.

"Selama penurunan masih dalam batas wajar, tidak ada yang perlu dikhawatirkan‎. Sekarang saya pikir masih wajar, walaupun orang mengatakan nilai rupiah undervalue," kata Sofyan, di kantornya, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Kamis (23/7/2015).

Sofyan menjelaskan, pergerakan nilai tukar rupiah saat ini dipengaruhi oleh banyak faktor seperti masalah utang Yunani dan juga perbaikan ekonomi Amerika Serikat (AS) yang membuat mata uang dolar melaju kuat.

"Yunani meskipun dianggap sudah selesai namun ternyata belum tuntas. AS juga memengaruhi pergerakan mata uang dunia karena dolarnya menguat. Itu bukan masalah yang perlu dibesar-besarkan. Namun, pemerintah akan melakukan upaya apapun untuk menjaga rupiah pada range yang acceptable," jelas dia.

Sekadar informasi, pada perdagangan pagi ini, nilai tukar rupiah dibuka di posisi Rp13.403 per USD atau mengalami pelemahan bila dibandingkan dengan pergerakan sebelumnya yang berada di posisi Rp13.375 per USD.


(ABD)