Komisi V: Mudik Tahun Ini Lebih Baik

Anggitondi Martaon    •    Kamis, 23 Jul 2015 12:44 WIB
dpr ads
Komisi V: Mudik Tahun Ini Lebih Baik
Ratusan pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi menunggu kapal feri bersandar di Pelabuhan Bakauheni, Lampung -- ANT/Kristian Ali

Metrotvnews.com, Jakarta: Turunnya tingkat kecelakaan pada mudik 2015, dianggap sebagai tolak ukur suksesnya pelaksanaan ‎tradisi pulang kampung yang dilakukan masyarakat Indonesia.

“Tingkat kecelakaan menurun, termasuk jumlah korban meninggal dunia juga mengalami penurunan,” kata Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Lasarus, saat dihubungi Metrotvnews.com di Jakarta, Rabu (22/7/2015).

Politisi Partai Demokrasi Perjuangan Indonesia (PDIP) ini menilai pemerintah lebih mempersiapkan arus mudik tahun ini dibanding tahun-tahun sebelumnya. Persiapan yang dimaksud meliputi penyelenggaraan hingga infrastruktur.

“Komisi V DPR RI akan menggelar rapat koordinasi dengan Kementerian PU-PERA, Kementerian Perhubungan, dan Kakorlantas guna mengevaluasai secara menyeluruh pelaksanaan mudik tahun 2015,” kata Lasarus.

Tahun ini, pemudik yang menggunakan jasa transportasi udara mengalami peningkatan sebesar 5,65 persen dibanding tahun lalu. Jumlah pengguna kereta api juga meningkat 1,69 persen. Namun, pengguna kapal laut dan bus mengalami penurunan sebesar 4,89 persen dan 7,11 persen.


(NIN)