Manuskrip Alquran Tertua di Dunia Ada di Inggris

Fajar Nugraha    •    Kamis, 23 Jul 2015 12:48 WIB
inggris
Manuskrip Alquran Tertua di Dunia Ada di Inggris
Alquran tertua di dunia (Foto: Fox News)

Metrotvnews.com, London: University of Birmingham, Inggris melakukan pemeriksaan terhadap dua perkamen Alquran. Ternyata perkamen itu berasal dari era sekitar Nabi Muhammad.

Manuskrip Alquran ini dianggap sebagai yang tertua di dunia. Pada awalnya manuskripnya itu berasal dari abad ketujuh.

Kini dengan bantuan analisa radiokarbon, kedua perkamen itu ternyata satu dekade lebih tua. Ini menunjukkan bahwa Alquran itu merupakan yang tertua di dunia.

Menurut para peniliti, pemeriksaan terhadap Alquran ini 95 persen akurat. Diperkirakan Alquran itu berasal dari 568 dan 645 sebelum masehi.

"Ini berarti Alquran itu berasal dari era yang berdekatan dengan Nabi Muhammad. Selama ini, Nabi Muhammad diperkirakan hidup pada 570 hingga 632 sebelum masehi," ujar para peneliti University of Birmingham, seperti dikutip CNN, Kamis (23/7/2015).

Perkamen ini dikumpulkan oleh Imam bernama Alphonse Mingana yang lahir di Mosul, Irak tetapi berdomisili di Inggris. Perkamen miliknya itu merupakan koleksi dari University of Birmingham dan bagian dari manuskrip Timur Tengah yang disimpan di Perpustakaan Cadbury Research.

Dua perkamen itu diyakini berisi bagian dari ayat 18 hingga 20. Alquran itu ditulis dengan tinta dan dalam tulisan Arab kuno yang dikenal dengan sebutan Hijazi.

Menurut Profesor David Thomas, teks itu serupa dengan apa yang ditemukan dalam Alquran masa kini.

"Ini mendukung pandangan bahwa Alquran yang ada saat ini, sedikit banyak serupa dengan Alquran yang ada di saat Islam baru berkembang," sebut Thomas.

Para peneliti memuji penemuan itu sebagai bagian penting dari Birmingham. Selama ini Kota Birmingham dikenal keragaman budaya dengan populasi Muslim yang besar.

Menurut Direktur koleksi khusus Perpustakaan Cadbury Research Susan Worrall, manuskrip ini dianggap sebagai harta bagi warisan Muslim dan untuk studi Islam. Bagi Worrall, manuskrip ini juga menjadi kebanggaan utama bagi masyarakat setempat.
 


(FJR)

KPK Ancam Jerat Pihak Merintangi Sidang Korupsi KTP-el

KPK Ancam Jerat Pihak Merintangi Sidang Korupsi KTP-el

11 minutes Ago

Lembaga antikorupsi akan menjerat pihak-pihak tersebut dengan Pasal 21 UU Pemberantasan Korupsi…

BERITA LAINNYA