China Laporkan Kasus Flu Burung Baru di Hunan

- 28 April 2013 07:45 wib
Reuters/vg
Reuters/vg

Metrotvnews.com, Beijing: China melaporkan kasus pertama flu burung H7N9 di provinsi selatan Hunan, tanda terbaru virus yang telah menewaskan 23 orang di negara itu terus menyebar.

Kantor berita Xinhua, Minggu (28/4) mengatakan wanita berusia 64 tahun dari kota Shaoyang merupakan terduga flu burung H7NG. Ia mengalami demam pada 14 April, empat hari setelah kontak dengan unggas. Dia kondisinya telah membaik dengan pengobatan.

Flu unggas pertama kali terdeteksi pada  Maret. Pekan ini, Organisasi Kesehatan Dunia menyebut virus itu "salah satu yang paling mematikan", dan mengatakan virus tersebut lebih mudah menular bila dibandingkan dengan turunan sebelumnya yang telah menewaskan ratusan di seluruh dunia sejak tahun 2003.

"Tak satu pun dari 41 orang yang telah kontak dengan dengan virus baru dikonfirmasi sebagai pasien Hunan, yang hanya diidentifikasi dengan nama keluarga Guan, telah menunjukkan gejala. Seorang pria 54-tahun yang jatuh sakit di Provinsi Jiangxi juga dirawat di Hunan, di mana ia didiagnosis dengan H7N9," tulis Xinhua.

Kasus Hunan terjadi sehari setelah provinsi timur Fujian melaporkan kasus pertama dan selama pekan yang sama bahwa pria Taiwan menjadi kasus pertama flu burung di luar daratan China. Dia terserang flu saat bepergian di China.

Para ilmuwan China menegaskan bahwa ayam bisa menularkan flu itu kepada manusia. (Ant)

()

MESKI sudah tercapai kata islah atau damai, namun kubu Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan Suryadharma…