F1 Beri Penghormatan kepada Bianchi di Hungaroring

Hilman Haris    •    Kamis, 23 Jul 2015 14:53 WIB
f1
F1 Beri Penghormatan kepada Bianchi di Hungaroring
Sejumlah pembalap F1 menghadiri upacara pemakaman Bianchi (VALERY HACHE / AFP)

Metrotvnews.com, Budapest: Formula 1 memutuskan untuk melakukan menggelar aksi mengheningkan cipta selama satu menit saat Grand Prix Hungaria di sirkuit Hungaroring, Minggu 25 Juli. Aksi ini digelar sebagai bentuk simpati atas wafatnya pembalap tim Marussia, Jules Bianchi. 

Aksi mengheningkan cipta sebelum balapan sebetulnya sudah dilakukan beberapa kali oleh penyelenggara F1. Sebelumnya, hal serupa pernah dilakukan saat gelaran GP Rusia di Sirkuit Sochi pada 12 Oktober 2014.

Menurut rencana, mengheningkan cipta di Hungaroring akan dilakukan 15 menit sebelum balapan dimulai dan wajib diiukuti oleh seluruh penonton, kru, pembalap, dan seluruh pihak yang berada di lintasan balap. 

Bianchi mengalami kecelakaan hebat saat balapan di Sirkuit Suzuka Jepang pada Oktober 2014. Pembalap berusia 25 tahun itu saat kehilangan kontrol mobilnya dan menabrak crane yang sedang mengevakuasi mobil pembalap Sauber, Adrian Sutil.

Bianchi lantas mengalami luka parah di kepalanya dan menjalani operasi. Setelah operasi, pria Prancis itu tidak sadar selama sembilan bulan sampai menghembuskan napas terakhir di Rumah Sakit Centre Hospitaler di Nice, Prancis. 

Jasad Bianchi dimakamkan di Kota Nice, Prancis pada Selasa 21 Juli. Sejumlah pembalap F1, seperti Lewis Hamilton, Nico Rosberg, Sebastian Vettel, dan Felipe Massa turut hadir dalam upacara pemakanan itu. (SBS)


(HIL)