New Horizon Ungkap Pegunungan Es Berumur Satu Miliar Tahun di Pluto

Riandanu Madi Utomo    •    Kamis, 23 Jul 2015 15:08 WIB
air telah ditemukan di mars
New Horizon Ungkap Pegunungan Es Berumur Satu Miliar Tahun di Pluto
Foto pegunungan es Sputnik Planum yang berhasil diambil oleh New Horizon (foto: NASA)

Metrotvnews.com: Wahana antariksa New Horizon milik Badan Antariksa Amerika Serikat, NASA, baru saja tiba di planet terluar dari sistem tata surya kita, Pluto. Saat ini, New Horizon tengah melakukan misi utamanya, mengorbit di planet Pluto dan mengambil gambar dari permukaan planet terluar tersebut.

Dari beberapa gambar yang telah sampai, New Horizon terlihat berhasil memotret berbagai lansekap menarik dari planet Pluto, salah satunya adalah jajaran pegunungan es dengan tinggi mencapai 11.000 kaki.

Sejauh ini, terdapat dua pegunungan es yang berhasil difoto New Horizon. Pertama, Norgay Montes yang terdapat di bagian wilayah es berbentuk hati, dan yang kedua adalah Sputnik Planum yang berjarak sekitar 68 mil dari Norgay Montes. Penemuan kedua pegunungan es tersebut membuat para ilmuwan NASA lebih dapat memerkirakan usia planet Pluto yang sebenarnya.

Dari foto kedua pegunungan es tersebut, terlihat bahwa permukaan Plutor terdiri-dari batuan hitam dan permukaan es. Permukaan es tersebut diperkirakan berumur tak lebih dari 100 juta tahun, sedangkan bagian batuan hitamnya diperkirakan telah berumur satu milIar tahun.

Kedua pegunungan es tersebut difoto New Horizon pada tanggal 14 Juli, saat pesawat antariksa tersebut berada 48.000 mil dari Pluto. Smeentara itu, gambarnya diterima NASA di Bumi pada tanggal 20 Juli. (SlashGear)


(ABE)

Istri Besuk Setya Novanto di Rutan KPK

Istri Besuk Setya Novanto di Rutan KPK

7 hours Ago

Keluarga telah diizinkan untuk membesuk Setya Novanto di Rutan KPK. Istri didampingi dua kolega…

BERITA LAINNYA