Masyarakat Diajak Dukung Pembangunan Jalan Tol Cileunyi-Tasikmalaya

Jaenal Mutakin    •    Kamis, 23 Jul 2015 15:39 WIB
jalan tol
Masyarakat Diajak Dukung Pembangunan Jalan Tol Cileunyi-Tasikmalaya
Ribuan kendaraan memadatu ruas jalan raya di arus balik Lebaran di Cileunyi, Bandung, Ant/ Fahrul Jayadiputra

Metrotvnews.com, Bandung: Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) mengajukan rencana pembangunan tol Cileunyi-Tasikmalaya ke pemerintah pusat. Keberadaan tol itu dianggap penting sebagai akses utama menuju Provinsi Jawa Tengah.

Lantaran itu, Ketua DPRD Jabar Ineu Purwadewi Sundari mengajak pemerintah daerah dan masyarakat mendukung pembangunan tol. Namun ia tak memungkiri, pendanaannya cukup tinggi.

"Ini perlu jadi pemikiran semua pihak. Apa pun caranya, harus dipikirkan bagaimana yang paling tepat. Perlu ada kajian-kajian juga," pungkasnya di Bandung, Kamis (23/7/2015).

Sementara itu, Wali Kota Tasikmalaya Budiman mendesak pemerintah pusat maupun provinsi segera membangun jalan tol tersebut. Ia menilai jalan tol itu solusi kemacetan yang kerap terjadi di jalur selatan saat mudik Lebaran. Ia pun menilai keberadaan tol mampu mendongkrak pertumbuhan ekonomi setempat.

Budiman mengatakan enam kepala daerah di wilayah Priangan Timur telah lama mengusulkan pembangunan jalan itu. "Terakhir 2015 awal, saat pembahasan Musrenbang 2016, kami mengusulkan kepada pusat untuk segera dibangun jalan tol. Ini sudah mendesak," kata Budiman.

Menurut Budiman, iklim investasi Priangan Timur terhambat lantaran masalah infrastruktur. "Masalah di Nagreg dan Gentong. Padahal kita butuh lapangan kerja. Jadi harus ada solusi untuk mendongkrak investasi ke daerah," bebernya.

Jaenal Mutakin


(RRN)