Bank Dunia Sambut Baik Bank Pembangunan Brics

Antara    •    Kamis, 23 Jul 2015 16:18 WIB
bank dunia
Bank Dunia Sambut Baik Bank Pembangunan Brics
Bank Dunia -- FOTO: Cairo Post

Metrotvnews.com, Jakarta: Bank Dunia atau World Bank menyambut baik pendirian bank pembangunan baru yang dibangun oleh negara-negara Brics (Brasil, Rusia, India, Tiongkok, dan Afrika Selatan), yang dinamakan Bank Pembangunan Baru (New Development Bank/NDB).

"Kami memberikan selamat kepada Presiden New Development Bank KV Kamath, dan para negara pendirinya, Brasil, Rusia, India, Tiongkok, dan Afrika Selatan," kata Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim, dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis (23/7/2015).

Menurut Jim Yong Kim, NDB bergabung dengan beragam lembaga multilateral lainnya, termasuk Bank Dunia dan Bank Investasi Infrastruktur Asia (AIIB), guna mengatasi kebutuhan dana yang dibutuhkan untuk membangun infrastruktur dunia.

Hal ini dianggap Jim Yong Kim penting karena negara-negara berkembang dan berpenghasilan rendah rata-rata mengalami ketimpangan hingga USD1 triliun-USD1,5 triliun per tahun dalam pembiayaan infrastrukturnya.

"Kami berkomitmen untuk bekerja erat dengan NDB dan institusi multilateral lainnya, dengan menawarkan pengetahuan kami dan melakukan proyek pembiayaan bersama infrastruktur," jelasnya.

Presiden Bank Dunia mengemukakan bahwa tipe kemitraan seperti itu akan penting untuk meraih sasaran bersama yaitu menghentikan kemiskinan ekstrim pada 2030, meningkatkan kesejahteraan bersama, dan mengurangi ketimpangan di masyarakat.

Sebagai informasi, NDB akan memiliki modal awal sebesar USD50 miliar. Namun nantinya modal akan meningkat menjadi USD100 miliar. Bank ini telah dibentuk untuk membiayai proyek-proyek infrastruktur dan proyek-proyek untuk pembangunan berkelanjutan Brics dan negara-negara berkembang lainnya. 


(ABD)