Pengusutan Kasus Sarpin Vs KY Tak Jadi Prioritas Jokowi

Desi Angriani    •    Kamis, 23 Jul 2015 16:58 WIB
sarpin effect
Pengusutan Kasus Sarpin Vs KY Tak Jadi Prioritas Jokowi
Presiden Jokowi didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla memimpin rapat kabinet terbatas (Ratas) membahas Stranas PPK yang dihadiri sejumlah menteri dan instansi terkait, di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (19/6).--Foto: MI/Panca Syurkani

Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden Joko Widodo tidak memprioritaskan pengusutan kasus perseteruan antara Hakim Sarpin Rizaldi dan dua komisioner Komisi Yudisial (KY). Demikian dikatakan Menteri Sekretaris Negara Pratikno di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (23/7/2015).

Menurut Pratikno, kasus kriminalisasi terhadap dua anggota KY seharusnya disetop. Pasalnya, lebih banyak kasus besar yang harus diusut penegak hukum.

"Terlalu banyak permasalahan yang harus kita pecahkan. Kita fokus kepada permasalahan yang strategis, termasuk kaitannya dengan penegakan hukum," kata Pratikno.

Pratikno menjelaskan, Presiden meminta penegak hukum lebih fokus mengusut kasus yang membawa dampak besar bagi masyarakat, termasuk menjamin pemerintahan tetap bersih dari korupsi.

"Mana yang punya dampak positif bagi upaya akselerasi pembangunan. Itu arahan Presiden kemudian ditindaklanjuti oleh Menko Polhukam, Kapolri, dan jaksa agung," tutur dia.

Sebelumnya, Komisis Yudusial berharap Presiden Joko Widodo (Jokowi) turun tangan mengatasi tindakan Hakim Sarpin Rizaldi yang melaporkan Suparman Marzuki dan Taufiqurrahman ke Bareskrim Mabes Polri.

"Mudah-mudahan petinggi negara, Pak Jokowi juga memberikan perhatian. Ini takutnya menjadi preseden buruk," kata Wakil Ketua KY Imam Anshori Saleh di Gedung KY, Minggu 12 Juli 2015 lalu.

Sarpin melaporkan Taufiq dan Suparman ke Bareskrim Mabes Polri dengan No Pol: LP/335/III/2015/Bareskrim tertanggal 18 Maret 2015. Laporan dilakukan menyusul munculnya sejumlah kecaman setelah Sarpin memutuskan gugatan praperadilan Budi Gunawan. Calon kapolri itu menggugat penetapan tersangka oleh KPK.


(MBM)

KPK Periksa Istri Setya Novanto

KPK Periksa Istri Setya Novanto

4 minutes Ago

Jakarta: Istri Ketua DPR RI Setya Novanto, Deisti Astriani Tagor menjalani pemeriksaan di KPK, …

BERITA LAINNYA