Tambah Kuota Impor Sapi, Mendag Tunggu Instruksi Mentan

Gervin Nathaniel Purba    •    Kamis, 23 Jul 2015 17:42 WIB
impor sapi
Tambah Kuota Impor Sapi, Mendag Tunggu Instruksi Mentan
Ilustrasi -- ANTARA FOTO/Wahyu Putro

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Perdagangan (Mendag) Rachmat Gobel menunggu keputusan dari Menteri Pertanian Amran Sulaiman terkait penambahan jumlah kuota impor sapi bakalan. Saat ini kuota impor sapi baru mencapai 50 ribu ekor.

Rachmat pun masih menunggu konfirmasi lebih lanjut perihal impor sapi bakalan ini dari Amran Sulaiman. Karena, lanjut dia, saat ini Mentan sedang mengevaluasi stok sapi di Indonesia.

"Dalam waktu dekat akan dikeluarkan lagi (kuota sapi impor). Saya lagi tunggu evaluasi dari Mentan," ujar Rachmat Gobel, saat Halal Bihalal di Auditorium Kementerian Perdagangan, Jakarta Pusat, Kamis (23/7/2015).

Sempat ada kabar bahwa Mendag mengurangi kuota sapi impor menjadi 50 ribu ekor. Namun hal itu langsung dibantah oleh Rachmat Gobel. Menurutnya kuota sapi impor akan ditambah secara bertahap.

"Mengurangi kuota itu tidak benar. Hanya izin yang diberikan dulu 50 ribu. Kan enggak mungkin dengan kuota segitu cukup untuk memenuhi kebutuhan sampai akhir tahun," lanjut dia.

Ia menambahkan, salah satu alasan pemerintah melakukan impor sapi untuk menjaga kestabilan harga. Untuk itu, dalam waktu dekat Pemerintah akan mengeluarkan aturan baru.

"Impor sapi untuk menjaga stabilisasi harga daging sapi. Daging lokal cenderung naik. Dalam waktu dekat akan ada aturan baru lagi," ujar bos Panasonic tersebut.


(AHL)