Gara-gara Mudik, Mantan Kades Diciduk Polisi

Agus Josiandi    •    Kamis, 23 Jul 2015 17:45 WIB
pencurian
Gara-gara Mudik, Mantan Kades Diciduk Polisi
Tersangka Suhud saat diperiksa penyidik polisi. Foto: MTVN/Josiandi

Metrotvnews.com, Sampang: Urusan mudik ternyata bisa menjadi petaka bagi Suhud, 50, mantan kepala Desa Rabesan, Kecamatan Camplong, Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur. Betapa tidak, gara-gara tak kuat menahan rindu bertemu keluarga saat Lebaran, Suhud yang sudah dua bulan buron akhirnya tertangkap Polres Sampang.

Kasat Reskrim Polres Sampang AKP Hari Siswo, mengatakan, Suhud diduga kuat terlibat dalam penggelapan bantuan alat pertanian dari pemerintah berupa pompa air. Ia beraksi bersama dua orang lain yang sudah ditangkap, yakni Busari, 45, dan Subaidi, 44.

Suhud dan kedua rekannya itu menggelapkan pompa dan menjualnya untuk keuntungan pribadi. "Hasil pemeriksaan sementara, tersangka ini mengaku menjual alat pertanian karena dinilai alatnya tidak sesuai dengan kebutuhan warga (petani)," ujar Hari Siswo, Kamis (23/7/2015).

Hari melanjutkan, apa pun alasannya, menjual barang bantuan dari pemerintah tidak diperkenankan, apalagi tanpa koordinasi dengan pihak pemberi bantuan. Suhud terancam Pasal 372 KUHP tentang penggelapan dengan ancaman maksimal empat tahun penjara.


(UWA)