Umat Muslim dan Kristen Tolikara Berdamai

Ricardo Hutahaean    •    Jumat, 24 Jul 2015 01:32 WIB
penyerangan
Umat Muslim dan Kristen Tolikara Berdamai
Insiden pembakaran kios di Tolikara, Papua. (Metrotv/Ricardo Hutahaean)

Metrotvnews.com, Tolikara: Dua kubu yang sebelumnya bertikai di Kabupaten Tolikara, Papua kini berdamai. Bupati Tolikara Usman Wanimbo memfasilitasi perdamaian tersebut, Kamis (23/7/2015).

Pantauan di lapangan, perdamaian yang dilakukan di halaman Koramil Tolikara ini berjalan syahdu. Umat kristen GIDI dan umat muslim saling berpelukan dan memaafkan.

Tak hanya Bupati Tolikara, perdamaian ini juga disaksikan oleh Dandim 1702 Jayawijaya, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan tokoh pemuda di Tolikara.

Pemandangan damai pun tampak, saat umat kristen GIDI asli Tolikara beserta umat muslim Tolikara saling berpelukan dan bersalaman. Tak ada dendam tersirat di raut wajah mereka. Mereka pun berharap, agar pertikaian itu tak terjadi lagi. Karena memang selama ini antara umat kristen dan umat muslim di Tolikara selalu hidup berdampingan.

Selesai saling bermaafan, bekas reruntuhan dari bangunan yang sempat terbakar langsung dibersihkan oleh kedua umat yang sempat bertikai itu. Mereka melakukan kerja bakti bersama anggota TNI-Polri, dan turut melakukan pembangunan kembali bangunan yang terbakar pada 17 juli lalu.

Sementara itu, tokoh muslim Tolikara Ustad Ali Muktar mengaku senang dengan adanya perdamaian antar umat beragama ini. Dia mengamini, bahwa selama ini pun antara muslim dan kristen di Tolikara tidak pernah saling sikut dan hidup harmonis.


(LDS)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

19 hours Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA