Pengacara Pembunuh Ade Sara Belum Beritahukan Kliennya Terkait Vonis MA

Damar Iradat    •    Jumat, 24 Jul 2015 06:34 WIB
pembunuhan jabodetabek
Pengacara Pembunuh Ade Sara Belum Beritahukan Kliennya Terkait Vonis MA
Asyifa dan Hafitd jalani sidang. (Metrotvnews.com/Aulia)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pengacara Asyifa Ramadhani, pembunuh Ade Sara Angelina, Syafrie Noer mengaku belum memberi kabar kliennya soal putusan Mahkamah Agung (MA) yang menghukum penjara seumur hidup. Pasalnya, hingga kini belum ada kontak dari keluarga Assyifa soal putusan tersebut.

Syafrie bakal memberitahu pada Asyifa terkait putusan MA pada Senin 27 Juli mendatang.an. "Saya belum ke Jakarta. Besok baru akan diinformasikan ke keluarganya (soal vonis MA). Hari Senin depan mungkinbaru bisa ketemu. Nanti sekaligus kita akan persiapkan PK (peninjauan kembali)," kata Syafrie ketika dihubungi Metrotvnews.com, Kamis (23/7/2015) malam.

Soal putusan MA yang menghukum penjara seumur hidup, Syafrie menilai keputusan tersebut tidak mencerminkan rasa keadilan. Apalagi, Assyifa menurutnya masih bisa mendapatkan kesempatan lain.

"Karena, keadilan harus dilihat dari motivasi perbuatan. Motivasi keduanya bukan untuk pembunuhan. Awalnya, penganiayaan yang mengakibatkan korban meninggal dunia," paparnya.

Dia membeberkan, jika melihat kasus pembunuhan lain tidak ada hukuman di atas 20 tahun. Terlebih Asyifa saat kejadian baru saja berumur 18 tahun lewat dua bulan. "Dengan kondisi seperti itu, harusnya dia dapat kesempatan. Kalau seperti ini kan haknya hilang," lanjut Syafrie.

Sementara itu, Hendrayanto, mantan pengacara Imam Al Hafitd, pasangan Assyifa dalam kasus pembunuhan Ade Sara mengaku yakin jika keduanya telah menerima kabar soal putusan MA.

"Kalau saya sudah enggak menangani lagi (perkaranya). Tapi saya masih ikutin juga, masih kontak juga dengan keluarga Hafitd. Memang benar jaksa berhasil membuktikan dakwaan sehingga putusan kasasinya dikabulkan," kata Hendrayanto saat dihubungi Kamis (23/7/2015) malam.

Dia menyakini, pihak pengurus rutan sudah memberitahu terkait putusan MA ke Hafitd dan Assyifa.

Seperti diketahui, MA memperberat hukuman untuk dua terpidana pembunuhan Ade Sara. Perkara sudah diputus pada 9 Juli 2015. Majelis mengabulkan permohonan kasasi Penuntut Umum dan menolak kasasi terdakwa.

Perkara itu diputus Ketua Majelis Hakim Andi Abu Ayyub Saleh, dan anggota Dudu Duswara Mahmuddin dan Margono dengan nomor perkara 791 K/PID/2015 untuk Assyifa dan nomor perkara 793 K/PID/2015 untuk Hafitd.


(LDS)