On This Day: Uruguay Pecahkan Rekor Argentina Sebagai Raja Copa America

Achmad Firdaus    •    Jumat, 24 Jul 2015 06:42 WIB
pada hari ini
<i>On This Day:</i> Uruguay Pecahkan Rekor Argentina Sebagai Raja Copa America
Luis Suarez bersama rekan setim di Timnas Uruguay saat merayakan sukses menjuarai Copa America 2011 (Foto: http://s1.ibtimes.com/)

Metrotvnews.com, Jakarta: Luis Suarez dan Diego Forlan memimpin Timnas Uruguay mencetak sejarah baru di pentas Copa America 2011. Tepat hari ini, empat tahun silam, keduanya mengantar Uruguay jadi Raja Copa America.

Sebiji gol Luis Suarez serta tambahan dua gol Diego Forlan membawa Uruguay menaklukkan Paraguay 3-0 pada partai final Copa America 2011, tepat hari ini 24 Juli. Sukses ini sekaligus menciptakan sejarah baru di mana Uruguay tercatat sebagai negara yang paling banyak memenangi Copa America.

Sejak pertama kali digulirkan pada 1916 (saat itu masih bernama South American Championship), Uruguay sukses memenangi Copa America sebanyak 15 kali. Jumlah ini praktis memecahkan rekor Argentina yang mengoleksi 14 trofi juara.

Namun, gelar juara Copa America 2011 diraih Uruguay dengan perjuangan yang tidak mudah. Pasukan Oscar Tabarez nyaris gagal lolos dari fase grup.

Tergabung di Grup C bersama Cile, Peru, dan Meksiko, Uruguay memulai kampanye-nya dengan kurang apik. Pada dua laga pertamanya, Suarez cs harus puas bermain imbang. Dengan hanya mengoleksi dua poin, Uruguay yang berada di posisi tiga klasemen sementara, berpotensi tersingkir jika gagal meraih kemenangan pada partai pamungkas kontra Meksiko.

Beruntung, Diego Lugano cs sukses menaklukkan Meksiko di partai pamungkas. Meski hanya menang tipis 1-0, mereka berhak lolos ke bbaak perempat final mendampingi Cile (di saat bersamaan mengalahkan Peru) sebagai juara grup.

Bak mesin diesel yang lambat panas, Uruguay mendapat suntikan kepercayaan diri yang masif karena di babak perempat final mereka sukses menyingkirkan tuan rumah, Argentina lewat drama adu penalti setelah bermain imbang 1-1 di 120 menit laga.

Momentum tersebut berlanjut ke partai semifinal di mana mereka sukses melibas Peru dengan skor 2-0. Dan klimaksnya, Uruguay mempecundangi Paraguay dengan skor telak 3-0 dan memastikan diri sebagai raja Copa America dengan meraih trofi juara ke-15.



(ACF)

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

1 day Ago

Miryam S. Haryani yang menyebut ada pertemuan anggota Komisi III DPR dengan pejabat KPK setingk…

BERITA LAINNYA