Ini 5 Kesepakatan Tokoh Agama Terkait Tolikara

Arif Hulwan    •    Jumat, 24 Jul 2015 08:15 WIB
penyerangan
Ini 5 Kesepakatan Tokoh Agama Terkait Tolikara
Presiden Joko Widodo menyampaikan sambutannya pada acara pertemuan bersama sejumlah tokoh lintas agama di Istana Negara, Jakarta. (Foto: Antara/Widodo S Jusuf)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah bersama sejumlah tokoh lintas agama membuat lima kesepakatan yang dinilai dapat meredam dan menghindari konflik agama yang kerap terjadi di masyarakat. Pemuka agama diminta menyejukkan umatnya lewat ceramah yang tidak memprovokasi.

Lima kesepakatan tersebut antara lain, pertama, pencegahan membesarnya insiden Tolikara ke daerah lain sekaligus penegakan hukum hingga aktor intelektualnya. Kedua, pemerintah diminta sesegera mungkin merehabilitasi tempat ibadah dan kios yang terbakar.

Ketiga, konstitusi diminta jadi dasar tiap peraturan, termasuk Perda. Keempat, media diharap menganut jurnalisme damai dan tak memprovokasi warga. Kelima, semua tokoh agama dan masyarakat diminta meningkatkan dialog lintas agama dan kelompok.
Pesan itu tersiar dari pertemuan Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla dengan jajaran pemuka agama dari berbagai organisasi maupun individu, di Istana Negara, Jakarta, Kamis 23 Juli.

Hal itu diamini oleh Ketua PB Nahdlatul Ulama Said Aqil Siradj dan Ketua Umum Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia Henriette Tabita Lebang. Selain dua tokoh agama tersebut, pertemuan itu juga dihadiri Ketua Komisi Kerukunan Antarumat Beragama MUI Slamet Effendy Yusuf, Ketua Umum Parisada Hindu Dharma Indonesia Sang Nyoman Suwisma, Wakil Ketua MUI Ma'ruf Amin, Ketua Umum Majelis Tinggi Agama Konghucu Indonesia Uung Sendana, Ketua Umum Perwakilan Umat Buddha Indonesia Arief Harsono, serta da'i kondang Yusuf Mansyur.
 


(FZN)

Miryam Akui Mengarang Isi BAP Perkara KTP-el

Miryam Akui Mengarang Isi BAP Perkara KTP-el

11 hours Ago

Politikus Hanura Miryam S Haryani mengaku mencabut seluruh isi Berita Acara Pemeriksaan (BAP) d…

BERITA LAINNYA