Gapmmi Sambut Positif Tarif Bea Masuk Naik

Gervin Nathaniel Purba    •    Jumat, 24 Jul 2015 09:44 WIB
bea masuk impor
Gapmmi Sambut Positif Tarif Bea Masuk Naik
Ketua Gapmmi Adhi Siswaja Lukman (kiri) (ANTARA FOTO/Jafkhairi)

Metrotvnews.com, Jakarta: Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman (Gapmmi) menyambut positif atas kebijakan pemerintah yang menaikkan tarif bea masuk terhadap berbagai macam item produk impor.

Menurut Ketua Gapmmi Adhi Lukman, kebijakan ini dapat memberikan stimulus positif bagi industri dalam negeri. Ia berharap dengan kenaikkan tarif bea masuk akan mendorong kemajuan industri dalam negeri.

"Ini untuk industri dalam negeri lumayan bagus. Jadi hadiah Lebaran," kata Adhi Lukman, dengan nada bercanda saat menghadiri acara Halal Bihalal, di auditorium Kementerian Perdagangan, di Jakarta Pusat, Kamis 23 Juli 2015.

Adhi juga berharap, melalui kebijakan ini dapat menciptakan harmonisasi tarif bea masuk antara bahan baku dan barang jadi. Sehingga industri dalam negeri diharapkan bisa lebih bersaing secara kualitas dan harga dengan barang impor.

"Industri dalam negeri bisa bersaing secara kualitas dan harga dengan barang impor," ungkap Adhi.

Namun, ketua Gapmmi tersebut juga mengingatkan pemerintah untuk waspada terhadap serbuan barang impor ilegal. Menurutnya, di saat harga barang impor menjadi mahal, masyarakat dapat beralih mengonsumsi produk ilegal dengan harga lebih murah.

"Di saat harga barang impor mahal bisa mendorong masyarakat untuk membeli barang ilegal karena harganya lebih murah," ujarnya.

Untuk mengatasi masuknya barang ilegal dengan mudah, ia berpendapat, pengawasan di pelabuhan harus diperketat. Petugas Direktorat Jenderal Bea dan Cukai harus melakukan pengawasan ketat di pelabuhan.


(ABD)