Indocement Siap Tidak Lanjutkan Bangun Pabrik, Asal...

Dian Ihsan Siregar    •    Jumat, 24 Jul 2015 09:58 WIB
blokir jalanindocement tunggal prakarsa
Indocement Siap Tidak Lanjutkan Bangun Pabrik, Asal...
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko)

Metrotvnews.com, Jakarta: Anak usaha PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk (INTP), PT Sahabat Mulia Sakti (SMS) mengaku siap tidak melanjutkan pembangunan pabrik semen di wilayah Tambakrono, Kabupaten Pati, Jawa Tengah bila Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Semarang menerima gugatan masyarakat atas dikeluarkannya izin lingkungan oleh bupati.

"Kalau menerima gugatan untuk tidak membangun ya kami terima. Berarti permohonan ditolak. Kami ikuti semua peraturan yang ada. Tapi mau tidak dibalikkan kalau gugatan itu ditolak. Apakah mereka masih terus demo. Apa gunanya gugatan kalau gugatan itu sendiri tidak dihormati," kata Direktur SMS Alexander Frans, saat dihubungi Metrotvnews.com, di Jakarta, seperti diberitakan Jumat (24/7/2015).

Menurutnya, perusahaan sudah mengikuti semua prosedur terkait izin lingkungan dan tata ruang yang sudah sesuai di wilayah Tambakrono, Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Jikalau sudah sesuai prosedur yang ada, kenapa investasi ini dipersulit.

Perusahaan merupakan investor yang menginginkan kepastian hukum. Dia menegaskan, semua masalah izin juga sudah dikeluarkan pemerintah dalam hal ini pemerintah daerah (pemda) yaitu Bupati Pati. Sehingga Pemda Pati tidak sembarang mengeluarkan izin lingkungan pembangunan pabrik itu.

"Semua sudah sesuai aturan. Mereka kelurkan izin karena pemerintah paham. Kalau tidak ada izin, baru kami bisa dibilang tidak patuh hukum sama izin," tuturnya.

Sebagaimana diketahui, warga yang tergabung dalam Jaringan Masyarakat Peduli Pegunungan Kendeng (JMPPK) mendaftarkan gugatan ke PTUN atas dikeluarkannya izin lingkungan oleh Bupati Pati.

Koordinator Tim Advokasi Peduli Pegunungan Zainal Arifin mengatakan, gugatan ini dilayangkan warga yang sejak awal memang menolak pendirian pabrik milik anak perusahaan PT Indocement. Sebab izin lingkungan yang dikeluarkan Bupati Pati melanggar aturan.

"Izin yang diterbitkan Bupati ini melanggar karena tidak sesuai dengan prosedur. Dalam dokumen Amdal (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan) tidak dijelaskan tentang adanya warga yang menolak pembangunan pabrik semen keseluruhan," pungkasnya.


(ABD)

Adik Gamawan Fauzi 'Digarap' KPK

Adik Gamawan Fauzi 'Digarap' KPK

3 hours Ago

Azmin akan menjadi saksi untuk tersangka Direktur Utama PT Quadra Solution Anang Sugiana Sudiha…

BERITA LAINNYA