5 Perpustakaan Menakjubkan di Eropa

   •    Jumat, 24 Jul 2015 10:11 WIB
wisata
5 Perpustakaan Menakjubkan di Eropa
Admont Abbey Library Austria. (foto:lifehack)

Metrotvnews.com, Jakarta: Anda suka membaca? Jika iya, maka Anda harus tahu perpustakaan yang indah khususnya di Eropa. Selain bukunya yang lengkap, Anda juga akan menikmati desain-desain bangunan yang menakjubkan. Membaca dan bersantai di perpustakaan yang nyaman bisa membuat Anda tidak pernah melupakan tempat tersebut dan selalu ingin berada di sana.

Dan berikut perpustakaan-perpustakaan terbaik di Benua Eropa.

1. Trinity College Library: Dublin, Irlandia

Dengan panel kayu gelap dan langit-langit yang melengkung tinggi, perpustakaan ilmiah ini begitu mempesona. Selain itu, Trinity College juga dikenal sebagai perpustakaan terbesar di Irlandia. Tidak hanya itu saja, perpustakaan ini juga mendapatkan gelar "perpustakaan hak cipta", yang memberikan hak untuk memperoleh materi yang dipublishkan dalam negeri tanpa biaya apapun. 

Perpustakaan ini juga rumah bagi Kitab Kells, sebuah manuskrip bergambar indah yang berisi empat Injil dalam bahasa Latin yang diyakini telah dibuat dalam 800 tahun lalu.


(Bibliotheue Nationale de France)

2. Bibliotheue Nationale de France: Paris, Perancis

Perpustakaan Nasional Perancis telah memperluas koleksi dalam beberapa dekade terakhir, sejak didirikan pada 1461. Bangunan tua yang selesai pada 1868 di Rue de Richelieu masih digunakan dan tidak boleh Anda lewatkan saat berkunjung ke negara menara eiffel ini. Meskipun tidak lagi menjadi perpustakaan terbesar di dunia, Perpustakaan Nasional Perancis masih mengagumkan dengan koleksi lengkap seperti terdapat 5.000 naskah Yunani.

3. Clementinum National Library: Praha, Republik Ceko

Dinamai Saint Clement, dengan alasan perpustakaan ini telah melalui banyak pembangunan, dimulai hanya sebagai sebuah kapel dan menjadi sebuah perguruan tinggi Jesuit, baru dijadikan sebuah perpustakaan nasional. Perpustakaan Nasional didirikan pada tahun 1781 dan merupakan contoh yang indah dari arsitektur Baroque, terutama ruang perpustakaan Baroque, yang dikenal dengan langit-langit kerja intreciate sebesar Jan Hiebl. Ruangannya yang luas dan dindingnya yang tertutup ivy, tempat ini begitu sempurna hingga bisa membuat Anda tesesat dalam rak-rak buku sekitar satu atau dua jam.


(Clementinum National Library)

4. Bristol Central Library: Bristol, Inggris

Campuran Tutor Revival dan Gerakan Modern, membuat perpustakaan ini begitu unik dan estetis menarik bagi semua orang yang mengunjunginya. Interior sebagian besar bergaya neoklasik, dengan penggunaan kubah bulat melengkung di langit-langit. Yang cukup menarik, itu dibangun di sisi selatan dari College Green, Bristol.


(Perpustakaan El Escorial)

5. Perpustakaan El Escorial: San Lorenzo de El Escorial, Spanyol

Dibangun oleh Raja Phillip II, perpustakaan kerajaan ini terletak di dasar indah dari El Escorial, tempat tinggal masa lalu untuk semua raja Spanyol. Rak kayu gelap dan lukisan-lukisan dinding yang rumit dilukis di langit-langit membuat perpustakaan ini cocok untuk seorang raja apapun. Saat ini, perpustakaan El Escorial menjadi tempat buku-buku warisan dunia, bahkan tempat ini masih memiliki beberapa buku yang asli. (Sumarni/Lifehack)


(LOV)