Tren Mobile eCommerce Semakin Meningkat di Asia Tenggara

Riandanu Madi Utomo    •    Jumat, 24 Jul 2015 11:00 WIB
pesta belanja online
Tren Mobile eCommerce Semakin Meningkat di Asia Tenggara
Tren penggunaan perangkat mobile untuk bertransaksi semakin meningkat

Metrotvnews.com: Perusahaan teknologi Criteo baru-baru ini merilis sebuah laporan State of Mobile Commerce Triwulan Kedua untuk tahun 2015. Dalam laporannya tersebut, Criteo mendapatkan bahwa perangkat ponsel kini telah memiliki kontribusi yang cukup besar pada transaksi eCommerce dunia, sebesar 34 persen.

Criteo mendapatkan bahwa mCommerce telah menyumbangkan 27 persen dari aktivitas eCommerce di Asia Tenggara, membuat kawasan tersebut kini setara dengan Spanyol dan Italia, serta satu tingkat di bawah Amerika Serikat.

Perangkat mobile seperti smartphone dan tablet pun diketahui tidak hanya digunakan untuk melakukan transaksi eCommerce, melainkan juga berperan sebagai fasilitas konsumen untuk meneliti dan membuat keputusan sebelum membeli sebuah barang.

Laporan State of Mobile Commerce yang dirilis Criteo kali ini merupakan hasil analisis yang melibatkan 1,4 miliar transaksi perorangan eCommerce dengan jumlah transaksi lebih dari USD160 miliar per-tahun secara global.

Beberapa fakta lain juga dirilis bersama dengan laporan tersebut, di antaranya adalah:

- Transaksi melalui ponsel di Asia Tenggara kini telah mencapai 27 persen dari seluruh transaksi eCommerce-nya, dengan Indonesia menempati peringkat pertama, yaitu sebesar sebesar 34 persen dan disusul Singapura sebesar 29 persen. Transaksi melalui ponsel secara global juga akan mengalami peningkatan hingga 40 persen di akhir tahun 2015.

- Pembelian didominasi oleh sektor fesyen, barang mewah, dan travel. Satu dari tiga sektor tersebut kini dilakukan melalui perangkat ponsel.

- Asia Tenggara telah dinilai siap untuk mengikuti tren yang ada di Amerika Serikat. Hal tersebut terlihat dari semakin banyaknya situs-situs yang telah memiliki fitur untuk dapat dilihat dari perangkat mobile, serta tingginya perkembangan aplikasi mobile, terutama dalam bidang eCommerce, di kawasan tersebut.


(ABE)

Opsi: Setnov Bicaralah! (4)

Opsi: Setnov Bicaralah! (4)

14 minutes Ago

Peradilan Setya Novanto ibarat drama hukum. Persidangan sempat diwarnai aksi bisu Setnov. Duduk…

BERITA LAINNYA