Jet Tempur Turki Hantam Basis Pertahanan ISIS di Suriah

Fajar Nugraha    •    Jumat, 24 Jul 2015 10:59 WIB
turki
Jet Tempur Turki Hantam Basis Pertahanan ISIS di Suriah
Jet tempur Turki (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Ankara: Turki melakukan serangan udara ke basis pertahanan kelompok Islamic State (ISIS) di Suriah. Belum diketahui apakah ada korban jiwa dalam serangan ini

Televisi TRT melaporkan, empat jet tempur lepas landas dari Pangkalan Udara Diyarbakir. Mereka menggunakan rudal untuk menghancurkan target ISIS di Desa Havar, Suriah.

Selama ini, Desa Havar dikenal sebagai wilayah perbatasan dengan Turki di Provinsi Kilis. Meskipun melakukan serangan udara, pesawat tempur Turki tidak melanggar batas udara Suriah.

Seperti dilansir Reuters, Jumat (24/7/2015), hingga saat ini pihak militer Turki tidak memberikan konfirmasi atas serangan tersebut.

Serangan udara itu terjadi setelah militan ISIS melepaskan tembakan dari wilayah Suriah. Tembakan diarahkan ke pangkalan militer Turki dan menewaskan seorang prajurit.

Pemerintah Turki pun berkomitmen untuk menghabisi kekuatan ISIS. Pada Kamis (23/7/2015) Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan berbicara dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama untuk membahas perang melawan ISIS.

Pembicaraan melalui telepon itu berisi mengenai peningkatan kerja sama antara kedua negara. Kerja sama khusus difokuskan untuk menciptakan keamanan dan stabilitas di Irak dan penyelesaian konflik di Suriah.
 


(FJR)