Bandara Notohadinegoro Jember masih Tutup

Kumbang Ari    •    Jumat, 24 Jul 2015 11:11 WIB
gunung raung
Bandara Notohadinegoro Jember masih Tutup
Bandara Notohadinegoro Jember sepi, Metrotv/ Kumbang Ari

Metrotvnews.com, Jember: Abu vulkanis Gunung Raung masih menutupi langit Bandara Notohadinegoro Jember, Jawa Timur. Akibatnya, aktivitas di bandara pun ditutup hingga Jumat 24 Juli.

Angin menghembuskan abu vulkanis ke arah selatan. Kecepatan angin yang membawa abu vulkanis mencapai 10 knot. Ketinggian abu mencapai 18 ribu kaki.

"Pengamatan itu berlaku sejak Rabu hingga Jumat ini. Artinya bandara harus ditutup," kata pengamat Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Kelas III Bandara Notohadinegoro, Sudarto.

Kondisi itu dapat mengancam keselamatan penerbangan. Material vulkanis dapat masuk ke baling-baling dan merusak mesin pesawat.

Penutupan bandara mengakibatkan maskapai Garuda Indonesia mengalami penurunan pendapatan dari penjualan tiket. Biasanya, jumlah penumpang di terminal kedatangan bandara mencapai 1.400 orang. Sementara calon penumpang yang akan berangkat bisa mencapai 1.600 orang.

"Beberapa penumpang banyak yang refund dan mencari kendaraan lain. Sebab mereka khawatir memilih pesawat tapi malah delay," kata Station Manager Garuda perwakilan Jember, Roffianto Adi Nugroho.

Dari pantauan Metrotv, suasana di bandara sepi. Tak ada penumpukan calon penumpang. Bila material vulkanis masih mengancam, maka bandara yang memiliki rute Jember-Surabaya dan Jember-Sumenep itu akan lumpuh.


(RRN)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

19 hours Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA