Bareskrim Panggil Komisioner KY Pekan Depan

Githa Farahdina    •    Jumat, 24 Jul 2015 11:18 WIB
sarpin effect
Bareskrim Panggil Komisioner KY Pekan Depan
Bareskrim. Foto: BBC

Metrotvnews.com, Jakarta: Dua Komisioner Komisi Yudisial (KY), Suparman Marzuki dan Taufiqurrohman Syahuri, dijadwalkan diperiksa Bareskrim Senin 27 Juli. Mereka akan diperiksa sebagai tersangka pencemaran nama baik terhadap Sarpin Rizaldi.

Panggilan terhadap keduanya merupakan yang kedua setelah panggilan pertama pekan lalu, keduanya tak hadir. "Panggilan ke-2 tanggal 27 Juli 2015. Hari ini atau paling lambat besok pagi panggilan dikirimkan," kata Kasubdit III Tipidum Kombes Umar Surya Fana ketika dihubungi, Jumat (24/4/2015).

Jika pekan depan, keduanya kembali tak hadir, Umar mengatakan bukan tak mungkin dipanggil paksa. Menurutnya, polisi punya kewenangan untuk itu karena diatur KUHAP. Pemeriksaan, kata Umar, akan dilangsungkan dengan pertanyaan seputar tuduhan pelapor.

"Yang ingin didapatkan dari beliau-beliau ya semua yang dituduhkan oleh pihak pelapor dari perspektif yang bersangkutan. Kan masing-masing pihak punya hak untuk mengemukakan perspektifnya," terang Umar.

Suparman dan Syahuri harus berurusan dengan polisi karena dilaporkan Sarpin. Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan ini melaporkan keduanya ke Bareskrim Polri dengan No Pol: LP/335/III/2015/Bareskrim tertanggal 18 Maret 2015. 

Laporan dilakukan menyusul munculnya sejumlah kecaman setelah Sarpin memutuskan memenangkan gugatan praperadilan Budi Gunawan. Dua komisioner KY ini juga mengkritik putusan Sarpin. Bahkan berniat memeriksanya.  

Sarpin sudah menyatakan telanjur sakit hati dengan dua komisioner KY itu lantaran dianggap mencemarkan nama baik dirinya sebagai hakim. Tawaran mediasi yang difasilitasi oleh Menko Polhukam Tedjo Edi Purdjiatno pun ditolak Sarpin. 


(KRI)

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

1 day Ago

Miryam S. Haryani yang menyebut ada pertemuan anggota Komisi III DPR dengan pejabat KPK setingk…

BERITA LAINNYA