10 Pesulap Terbaik di Dunia

Agustinus Shindu Alpito    •    Jumat, 24 Jul 2015 11:54 WIB
feature showbiz
10 Pesulap Terbaik di Dunia
David Copperfield dengan aksi terbangnya (Foto: liveinternet.ru)

Metrotvnews.com: Kabar Deddy Corbuzier memutuskan pensiun dari dunia sulap cukup mengejutkan. Deddy merupakan salah satu pesulap terbaik Indonesia yang juga diakui secara internasional. 

Jauh sebelum Deddy, terdapat ratusan atau bahkan ribuan pesulap lain yang tersebar di seluruh dunia. Mereka berlomba-lomba menghadirkan trik yang bisa membuat orang tercengang, takjub dan tidak percaya. Berikut adalah 10 pesulap legendaris yang pernah mewarnai jagat hiburan dunia.

1. David Copperfield
Hingga saat ini, rasanya tidak ada ilusionis yang lebih tenar dari David Copperfield. Karier sulapnya sudah dimulai sejak remaja. Beberapa aksinya yang paling dikenang adalah membuat Patung Liberty menghilang, mengambang di Grand Canyon dan menembus tembok Cina. Copperfield adalah salah satu pesulap yang sukses memadukan sulap dengan gaya cerita yang luar biasa, sehingga sangat menghibur.

2. Harry Houdini
Pesulap ini aktif di akhir era 1800-an dan awal 1900-an. Houdini dikenal sebagai pesulap yang ahli meloloskan diri dari jeratan, seperti borgol dan rantai. Dia meninggal di tahun 1926, banyak spekulasi soal kematiannya. Tetapi dokter mengatakan dia sakit peritonitis yang semakin parah karena sebuah pukulan di perut saat menjalankan aksi sulapnya.

3.Penn dan Teller
Penn Jillete dan Raymond Teller adalah duo pesulap yang dikenal pada akhir 1980-an. Mereka tidak hanya menyuguhkan sulap, tetapi juga humor. Keunikan mereka, walaupun sesungguhnya mereka satu tim, tapi keduanya tidak penah berkomunikasi di atas panggung. 

4. Criss Angel
Criss Angel memiliki nama asli Cristopher Nicholas Sarantakos. Ia tenar lewat acara sulapnya yang ditayangkan jaringan televisi A&E sebanyak 6 musim mulai 2005 sampai 2010. Criss membawa sulap ke jalanan dan melakukannya aksinya di depan umum. Aksi-aksinya terbilang fantastis, seperti berjalan di atas air, membelah tubuh dan melayang.

5. Siegfried dan Roy
Siegdried Fishbacher dan Roy Horn adalah pesulap dan instruktur binatang asal Jerman. Mereka beredua hijrah ke Amerika Serikat dan mengkombinasikan pertunjukan sulap yang melibatkan harimau dan singa. Mulai tahun 1990 sampai 2003 mereka tampil di The Mirage, Las Vegas. Pertunjukkan mereka menjadi salah satu pentas paling banyak disaksikan di Las Vegas. Pada 2003, dia digigit oleh harimau saat pentas. Beruntung nyawanya dapat diselamatkan. Pada 2010 mereka memutuskan untuk pensiun dari pangung pertunjukkan.

6. David Blaine
Sosok pesulap yang satu ini sangat lekat dengan citra sulap jalanan. Dia juga kerap melakukan aksi-aksi berbahaya, seperti dikubur hidup-hidup, berada dalam balok es selama 63 jam dan berdiri di atas pilar dengan ketinggian 100 kaki tanpa pengaman selama 35 jam. 

7. Jean Eugene Robert-Houdin
Houdin dikenal sebagai bapak sulap modern. Dia eksis di abad 19. Pesulap asal Prancis ini dikenal dengan keahliannya membaca pikiran orang.

8. Harry Blackstone Sr.
Pesulap ini terkenal lewat penampilannya di USO (United States Organizations Inc.) selama Perang Dunia II. Aksinya yang paling legendaris adalah memotong perempuan. Perempuan yang dipotong itu lalu dapat bangkit dan seolah-olah tidak mengalami sakit. Putra Harry Blackstone, Harry Blackstone Jr lantas mengikuti jejak ayahnya dan menjadi pesulap terkenal.

9. Dante
Pesulap dengan nama asli Harry August Jansen inilah yang mempopulerkan ucapan "Sim Sala Bim." Kata-kata itu diambil dari lagu anak-anak berbahasa Denmark. Kematiannya disebut sebagai akhir dari masa keemasan dunia sulap.

10. The Great Lafayette
The Great Lafayette, pesulap ini dikenal sebagai pesulap dengan bayaran tertinggi di masanya. Sayangnya, pria flamboyan dengan nama asli Sigmund Neuberger itu meninggal dalam kebakaran di lokasi tempatnya menggelar pertunjukkan. Dia sempat lari saat kebakaran terjadi, tetapi memutuskan kembali ke lokasi kejadian untuk menyelamatkan kuda yang jadi bagian pertunjukkannya.


(AWP)