Adik Kim Jong-Un Pimpin Proyek Pencitraan Korut

Fajar Nugraha    •    Jumat, 24 Jul 2015 11:57 WIB
korea utara
Adik Kim Jong-Un Pimpin Proyek Pencitraan Korut
Kim Yo-Jong (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Pyongyang: Adik perempuan Kim Jong-Un saat ini memiliki tugas baru. Dia ditunjuk untuk memimpin proyek pencitraan bagi kakaknya.

Kim Yo-Jong selama ini sangat dipercaya oleh kakaknya, Kim Jong-un. Untuk itu dirinya ditunjuk untuk memimpin Departemen Propaganda dan Agitasi Partai Pekerja Korut (PAD). Demikian diberitakan Guardian, Jumat (24/7/2015).

Lembaga PAD dibuat untuk membantu melakukan konsolidasi kekuasaan Jong-Un dengan cara menerapkan 'proyek idolisasi'.

Posisi Kim Yo-Jong ini menggantikan Kim Ki-Nam, seorang ahli propaganda veteran Korut. Kim Ki-Nam sudah mengabdi bersama Dinasti Kim sejak era 1960an dan mengepalai PAD sejak 1989.

Usia Ki-Nam yang sudah mencapai 89 tahun dikabarkan menjadi faktor pergantian ini. Kini perannya pun dipersiapkan sebagai penasihat.

Spekulasi mengenai hilangnya pengaruh Kim Ki-Nam sudah terendus sejak April 2015 lalu. Saat itu dia menghadiri Pertemuan Parleman ke 13, di deretan undangan bukan di podium.

Sementara detail mengani Kim Yo-Jong sampai saat ini masih kabur. Adik perempuan Kim Jong-Un itu diperkirakan berusia antara 27 atau 28 tahun.

Pada awal 2015, Yo-Jong dilaporkan menikah Choe Song yang dikenal sebagai putra kedua Sekretaris Partai Pekerja Korut Choe Ryong Hae.

Sama seperti Jong-Un, Kim Yo-Jong pun mendapatkan pendidikan di luar negeri. Dikabarkan dia menghabiskan waktu di Swiss semasa mudanya.


(FJR)

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

1 day Ago

Miryam S. Haryani yang menyebut ada pertemuan anggota Komisi III DPR dengan pejabat KPK setingk…

BERITA LAINNYA