Pertamina Uji Pasar Pertalite Dua Bulan

Annisa ayu artanti    •    Jumat, 24 Jul 2015 12:53 WIB
pertalite
Pertamina Uji Pasar Pertalite Dua Bulan
SPBU di Abdul Muis bersiap me-launching Pertalite. FOTO: MTVN/Annisa Ayu Artanti

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Pertamina (Persero) merencanakan tes uji pasar Bahan Bakar Minyak (BBM) varian baru pertalite selama dua bulan ke depan.

Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto mengatakan, tes uji pasar pertalite yang dilakukan serempak hari ini di 101 SPBU kota besar di Indonesia yakni Bandung, Jabodetabek, dan Surabaya akan dilakukan selama kurun waktu dua bulan.

"Kami merencanakan tes pasar ini selama dua bulan," kata Dwi saat launching Pertalite di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) COCO 31-10202, di Jalan Abdul Muis, Jakarta Pusat, Jumat (24/7/2015).

Dwi menambahkan, setelah uji pasar ini, Pertamina akan mengevaluasi BBM dengan kadar Research Octane Number (RON) 90 ini untuk dikaji kembali baik itu harga dan pemasaran lebih lanjutnya.

"Lalu kita akan evaluasi. Tes pasar ini menyangkut masalah apakah pemahaman benefit ini betul-betul dirasakan dinikmati konsumen, yang ukurannya adalah masyarakat membelinya," jelas dia.

Adapun dari ukuran tersebut, ujar Dwi, bisa menentukan bagaimana pemasaran produk baru ini ke depannya. Selain itu, juga akan mengevaluasi masalah pricing Pertalite. Pertamina akan menerima masukan-masukan dari konsumen yang nantinya dijadikan bahan kajian.

"Mengenai pricing, tentu saja itu bagian dari tes. Nanti kita akan lihat juga apakah pricing ini dilakukan evaluasi dan apabila ada masukan-masukan yang tidak baik, itu akan menjadi review buat kami. Dan kami juga lihat apakah kita akan lanjutkan ke komersial lebih luas," pungkas dia.


(AHL)