NASA Temukan Planet yang Mirip Bumi

Riandanu Madi Utomo    •    Jumat, 24 Jul 2015 14:51 WIB
air telah ditemukan di mars
NASA Temukan Planet yang Mirip Bumi
Planet Kepler-452b diperkirakan memiliki kondisi yang sama dengan Bumi (gambar: NASA)

Metrotvnews.com: Setelah berhasil mengambil foto dari pegunungan es di planet Pluto, NASA kembali membuat sebuah penemuan yang mengejutkan. Baru-baru ini, badan antariksa Amerika Serikat tersebut mengumumkan bahwa mereka telah berhasil menemukan sebuah planet baru yang mirip dengan Bumi.

Planet dengan nama Kepler-452b tersebut dikatakan NASA memiliki kondisi yang serupa dengan Bumi, yaitu berada dengan jarak yang tepat dengan bintang di tata suryanya.



Kepler-452b ditemukan teleskop antariksa Kepler yang tengah menjalankan misi untuk mencari exoplanet atau planet yang memiliki kemiripan dengan Bumi di tata surya lain di sekitar sistem tata surya kita. Kepler telah menjalankan misinya selama enam tahun, dan sejauh ini ia berhasil menemukan hingga empat exoplanet.

Kepler-452b memiliki ukuran 1,6 kali lebih besar dengan Bumi. Selain itu, ia juga berada di zona yang tepat untuk menunjang kehidupan, tidak terlalu jauh dan tidak terlalu dekat dengan matahari, serta memiliki waktu revolusi yang mirip dengan Bumi, 385 hari. Planet tersebut juga diperkirakan memiliki kondisi dan atmosfir yang dapat menunjang kehidupan.



Exoplanet pertama yang ditemukan Kepler adalah Kepler-20e yang ditemukan bulan Desember tahun 2011. Meskipun mirip dengan Bumi, NASA menemukan bahwa exoplanet tersebut terlalu panas dengan permukaan yang diselimuti lava dan tak mampu menunjang kehidupan.

Exoplanet kedua dan ketiga yang ditemukan NASA adalah Kepler-22b dan Kepler-186f. Kepler-22b yang ditemukan bulan Desember 2011 tak memiliki permukaan yang solid dan lebih didominasi lautan, sedangkan Kepler-186f yang ditemukan pada bulan April 2014 merupakan planet dengan permukaan yang didominasi daratan. (NASA)




(ABE)

Hari Ini, Dokter Bimanesh Hadapi Vonis Hakim

Hari Ini, Dokter Bimanesh Hadapi Vonis Hakim

3 hours Ago

Dokter Bimanesh Sutarjo bakal mendengarkan sidang pembacaan putusan oleh majelis hakim Tindak P…

BERITA LAINNYA