Pembangunan Jalan TransPapua Butuh Dana Rp12,5 Triliun

Antara    •    Jumat, 24 Jul 2015 14:28 WIB
papua
Pembangunan Jalan TransPapua Butuh Dana Rp12,5 Triliun
Ilustrasi (MI/RAMDANI)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah saat ini tengah memberikan perhatian terhadap pembangunan infrastruktur di kawasan timur Indonesia, termasuk pembangunan jalan TransPapua sepanjang 900 kilometer (km) yang membutuhkan dana sekitar Rp12,5 triliun.

"Dibutuhkan dana sekitar Rp12,5 triliun sampai dengan Rp15 triliun untuk menyelesaikan jalan TransPapua sepanjang 900 km yang ditargetkan selesai pada 2018," kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, dalam keterangan tertulisnya, yang diterima di Jakarta, Jumat (24/7/2015).

Ruas jalan TransPapua, kata Basuki Hadimuljono, mulai dari Sorong-Manokwari-Nabire-Jayapura-Merauke yang saat ini masih terputus-putus. Anggaran yang disediakan untuk Papua pada tahun ini sebesar Rp4 triliun, sedangkan Papua Barat sebesar Rp6 triliun.

Terkait dengan tol, Dirjen Bina Marga Hediyanto W. Husaini menyatakan bahwa saat ini belum ada usulan pembangunan tol baru. Tak dipungkiri usulan pembangunan tol baru dinantikan karena tidak semua pembangunan tol dikerjakan pleh Pemerintah.

"Hingga kini, belum ada usulan pembangunan tol baru. Jika ada swasta yang menjadi prakarsa membangun tol akan diberikan diskon dan dijadikan prioritas lelang tol. Jika semua dijadikan jalan tol, tidak akan ada pemprakarsa," pungkas Hediyanto.


(ABD)

Aset Novanto Terancam Disita KPK

Aset Novanto Terancam Disita KPK

10 hours Ago

Penyitaan dilakukan untuk membayar sisa uang pengganti kerugian negara atas korupsi KTP-el, yan…

BERITA LAINNYA