Freeport Bisa Perpanjang Izin Ekspor Jika Ada Komitmen USD80 Juta

Annisa ayu artanti    •    Jumat, 24 Jul 2015 15:24 WIB
freeport
Freeport Bisa Perpanjang Izin Ekspor Jika Ada Komitmen USD80 Juta
Ilustrasi tambang Freeport. ANTARA FOTO/M AGUNG RAJASA

Metrotvnews.com, Jakarta: Perpanjangan izin ekspor konsentrat PT Freeport Indonesia saat ini tinggal menunggu komitmen dana sebesar USD80 juta.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengatakan, izin ekspor tersebut akan diberikan hanya saja setelah Freeport Indonesia mengirim komitmennya menyiapkan dana sebesar USD80 juta untuk pembangunan smelter.

"Izin ekspor kita sedang menunggu Freeport men-deliver komitmennya untuk menyiapkan dana pembangunan smelter," ungkap Sudirman, di Kantor Kementerian ESDM, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Jumat (24/7/2015).

Ia menjelaskan, kekurangan satu syarat itu sebenarnya mudah diselesaikan karena tinggal menunggu dana tersebut disediakan.

"Kurangnya USD80 juta. Kita mengerti, kontraknya sudah ditandatangani. Kita ingin lihat dana disiapkan. Karena belum dikasih ke kontraktor," ujar dia.

Setelah dana tersebut diberikan ke kontraktor untuk membangun smelter, Sudirman mengungkapkan dirinya baru bisa bertanggung jawab atas perpanjangan izin ekspor konsentran PT Freeport ke masyarakat Indonesia.

"Dengan itu saya bisa bertanggung jawab ke masyarakat," pungkas dia.


(AHL)