Kapolda Bali Irjen Ronny Sompie Terpilih Jadi Dirjen Imigrasi

Githa Farahdina, Krisiandi    •    Jumat, 24 Jul 2015 16:41 WIB
keimigrasian
Kapolda Bali Irjen Ronny Sompie Terpilih Jadi Dirjen Imigrasi
Irjen Ronny Sompie. Foto: Fikri Yusuf/Antara

Metrotvnews.com, Jakarta: Kapolda Bali Irjen Ronny Franky Sompie terpilih jadi Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM. Kapolri Jenderal Badrodin Haiti mengonfirmasi hal itu.

"Iya sudah diterima (terpilih). Tinggal tunggu Keppres (keputusan presiden)nya," kata Badrodin di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (24/7/2015). 

Kementerian Hukum dan HAM belum mengeluarkan pernyataan resmi soal terpilihnya Ronny jadi Dirjen. Kepala Sub Bagian Humas Kemenkumham Fitriadi Agung Prabowo mengaku belum mendapat kabar soal itu. 

"Kami belum tahu, maka dari itu tak bisa berkomentar," ujarnya.  

Menanggapi terpilihnya Ronny, Badrodin mengatakan, mantan Kadiv Humas Polri itu tak harus pensiun dari Polri. Statusnya, kata Badrodin, bisa alih tugas. "Tidak pensiun dini, tapi alih status," kata Badrodin di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (24/7/2015).

Polri, tambah Badrodin, sudah menyiapkan pengganti Ronny sebagai Kapolda Bali. Sayangnya, Kapolri belum mau mengungkap siapa yang akan menduduki posisi itu.

Seleksi calon Dirjen Imigrasi sebetulnya rampung di era Menkumham Amir Syamsuddin. Tiga nama, yakni Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Wilayah Nusa Tenggara Timur Rohadiman Santoso, Direktur Lintas Batas dan Kerja Sama Luar Negeri Asep Kurnia dan Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah Bambang Widodo. Nama-nama tersebut sudah dikantongi Presiden RI saat itu, Susilo Bambang Yudhoyono.

Namun karena waktu yang mepet dengan masa purnanya sebagai presiden, SBY enggan menerbitkan keputusan strategis.

Di era Menkumham Yasonna Laoly, beredar Keppres pengangkatan Bambang Widodo sebagai Dirjen Imigrasi. Namun, Keppres itu ternyata Bodong. Sehingga seleksi diputuskan diulang. Ronny akhirnya terpilih setelah menyingkirkan beberapa nama lain.      

Sebelumnya, kepada Metrotvnews.com, Ronny Sompie siap meninggalkan institusi kepolisian jika terpilih jadi Dirjen Imigrasi. Dia menyebut UU Nomor 2 tahun 2002 tentang Polri mengharuskan status kepolisiannya dilepas jika bekerja untuk lembaga lain. 

"Persyaratannya memang seperti itu (pensiun dari Polri). Kalau dibilang sayang sih sayang, kan semua punya konsekuensi. Tapi pada dasarnya medan perjuangan kan tetap sama berada di pemerintahan," kata Ronny saat berbincang dengan Metrotvnews.com, Selasa 16 Juni 2015.

Lemahnya penegakan hukum di ranah keimigrasian menjadi alasan Ronny berambisi jadi Dirjen Imigrasi. Dikatakan Ronny, terdapat ribuan kasus di Ditjen Keimigrasian yang perlu ditangani serius.

"Tahun 2014 sekitar terdapat sekitar 17-20 ribu pelanggaran di imigrasi, tapi hanya sekitar 17 kasus yang selesai. Di dalamnya ada masalah administrasi dan deportasi. Tapi apakah ini cukup memberi efek cegah? Saya lihat kurang, kenapa kurang? Mungkin tenaga profesional di bidang penyidikan itu yang kurang," kata Ronny.



(KRI)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

23 hours Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA