Hamilton Minta Keselamatan Pembalap F1 Ditingkatkan

Hilman Haris    •    Jumat, 24 Jul 2015 17:26 WIB
f1
Hamilton Minta Keselamatan Pembalap F1 Ditingkatkan
Sejumlah pembalap F1 menghadiri upacara pemakaman Bianchi (VALERY HACHE / AFP)

Metrotvnews.com, Budapest: Kecelakaan yang dialami pembalap tim Marussia, Jules Bianchi beberapa waktu lalu menyadarkan semua pihak soal pentingnya peningkatkan keselamatan driver selama di lomba. Agar balap F1 tak lagi merenggut nyawa seseorang, pembalap Mercedes, Lewis Hamilton mengusulkan agar dibuat desain kokpit tertutup di mobil.
 
"Saya telah melihat beberapa foto desain mobil dengan kokpit tertutup. Itu mungkin milik McLaren. Menurut saya desain itu nampak bagus. Saya tidak tahu apakah rancangan itu akan direalisasikan atau tidak. Tapi yang jelas keselamatan pembalap harus ditingkatkan," tegas Hamilton. 

Pembalap asal Inggris itu mengaku tidak keberatan andai pengelola F1 mengubah regulasi balapan. Asal, regulasi anyar itu harus bisa meningkatkan keselamatan pembalap. 

"Saya tidak pernah melawan perubahan apa pun. Asalkan itu positif bagi keselamatan dan tidak mengurangi nilai hiburan dari balapan," ucapnya.

"Perubahan perlu. Tapi bukan berarti menjadikan F1 seperti mengendarai mobil dari kursi sofa. Jika itu terjadi, balapan tidak akan menarik lagi," kata dua kali juara dunia itu. 

Asosiasi Pembalap Grand Prix (GPDA) sependapat dengan Hamilton. Beberapa waktu lalu, GPDA juga meminta agar keselamatan pembalap saat balapan ditingkatkan. 

"Kejadian yang menimpa Bianchi tak bole lagi terjadi. Kami merasa sangat kehilangan. Sekarang tidak boleh lengah soal usaya meningkatkan keselamatan," lanisr GPDA.

Bianchi mengalami kecelakaan hebat saat balapan di Sirkuit Suzuka Jepang pada Oktober 2014. Pembalap berusia 25 tahun itu saat kehilangan kontrol mobilnya dan menabrak crane yang sedang mengevakuasi mobil pembalap Sauber, Adrian Sutil.

Bianchi lantas mengalami luka parah di kepalanya dan menjalani operasi. Setelah operasi, pria Prancis itu tidak sadar selama sembilan bulan sampai menghembuskan napas terakhir di Rumah Sakit Centre Hospitaler di Nice, Prancis. 

Jasad Bianchi dimakamkan di Kota Nice, Prancis pada Selasa 21 Juli. Sejumlah pembalap F1, seperti Lewis Hamilton, Nico Rosberg, Sebastian Vettel, dan Felipe Massa turut hadir dalam upacara pemakanan itu.


(HIL)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

6 days Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA