Si Emas Hitam Turun, Harga Premium & Solar Tetap

Annisa ayu artanti    •    Jumat, 24 Jul 2015 17:34 WIB
kenaikan harga bbm
Si Emas Hitam Turun, Harga Premium & Solar Tetap
Ilustrasi -- FOTO: MI/Atet Dwi Permana

Metrotvnews.com, Jakarta: Meskipun harga minyak dunia saat ini sedang dalam tren penurunan, pemerintah belum akan menurunkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis premium dan solar.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengatakan pemerintah tidak menurunkan harga BBM lantaran harus menutupi kerugian PT Pertamina (Persero) dalam menyalurkan BBM beberapa waktu lalu saat harga minyak dunia mengalami kenaikan.

"Saya tidak akan serta merta menurunkan harga tapi menjaga harga supaya ada marjin yang bisa mengkompensasi kerugian Pertamina," kata Sudirman, saat konferensi pers di Kantor Kementerian ESDM, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Jumat (24/7/2015).

Menurutnya, keputusan tidak menurunkan harga BBM disaat kondisi minyak dunia menunjukan tren penurunan sama halnya dengan mencabut subsidi BBM premium tapi tetap harus dilakukan. Sehingga keputusan ini juga sejalan untuk menstabilkan harga BBM.

"Ini sama seperti pemerintah mencabut subsidi, saat harga minyak dunia turun. Ini sejalan dengan ide dana stabilitas BBM. Idenya itu kita akan punya threshold baik atas maupun bawah," ujar dia.

Sebagai informasi, harga minyak dunia saat ini berada pada tren penurunan yakni USD50 per barel. Kondisi ini merupakan pertama kalinya sejak 2 April 2015. Dari kondisi ini artinya saat ini kondisi minyak dunia dalam pasokan yang berlebih.


(AHL)