Teknologi Otomotif

Mcity, Simulasi Riset dan Uji Teknologi Mobil Otonom

M. Bagus Rachmanto    •    Minggu, 26 Jul 2015 11:50 WIB
teknologi otomotif
Mcity, Simulasi Riset dan Uji Teknologi Mobil Otonom
Fasilitas baru pengembangan teknologi mobil otonom. Autoguide

Metrotvnews.com: University of Michigan telah memenuhi janjinya untuk mengembangkan kendaraan otonom, sekaligus menyediakan fasilitas baru yang diberi nama Mcity, yang dibangun di Detroit, Michigan. Fasilitas tersebut terletak di lahan seluas 3,2 hektar. Sebagai simulasi dari lingkungan perkotaan dan pinggiran kota, yang meliputi jaringan jalan dengan persimpangan, rambu lalu lintas, sinyal, lampu jalan, trotoar, dan hambatan jalan.

Fasilitas ini dirancang dan dikembangkan oleh University of Michigan’s interdisciplinary (MTC) dalam kemitraan dengan the Michigan Department of Transportation (MDOT). Mcity dirancang untuk mendukung ketat, pengujian berulang teknologi baru sebelum mereka diuji di jalan raya umum.

Seiring dengan kendaraan otonom, Mcity akan mendukung vehicle-to-vehicle and vehicle-to-infrastructure technologies, atau ‘talking cars’. MTC juga bekerja sama dengan 15 anggota Leadership Circle Companies, yang telah berinvestasi sebesar USD1 juta (sekitar Rp13 miliar) selama tiga tahun. Selain itu, 33 anggota afiliasi juga berkontribusi dan telah beinvestasi senilai USD 150.000 (sekitar Rp2 miliar)selama tiga tahun.

Saat ini, yang tergabung dalam 15 Leadership Circle Companies adalah, Delphi Automotive PLC, DENSO Corporation, Econolite Group Inc, Ford, General Motors, Honda, Iteris Inc, Navistar Inc, Nissan, Qualcomm Technologies Inc, Robert Bosch LLC, State Farm Mutual Automobile Insurance Company, Toyota, Verizon Communications Inc, dan Xerox Corp.

“Kami percaya bahwa transformasi ini untuk mobilitas terhubung dan otomatis akan menjadi game changer untuk keselamatan, yang lebih  efisiensi, memiliki energi, dan aksesibilitas. Kota kami akan jauh lebih baik untuk tinggal di kota atau di pinggiran kota. Teknologi ini benar-benar membuka pintu untuk mobilitas abad ke-21." kata Peter Sweatman, Director of the U-M Mobility Transformation Center.


(UDA)