Nyalon Bupati, Saan Mustopa Mundur dari Demokrat dan DPR RI

M Rodhi Aulia    •    Sabtu, 25 Jul 2015 01:06 WIB
partai demokrat
<i>Nyalon</i> Bupati, Saan Mustopa Mundur dari Demokrat dan DPR RI
Ketua Panitia Perancang Undang-Undang (PPUU) DPD Gede Pasek Suardika (kiri) berbincang dengan Wakil Ketua Badan Legislasi DPR Saan Mustopa (kanan) di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (1/12). (FOTO: ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma)

Metrotvnews.com, Karawang: Anggota DPR RI Fraksi Partai Demokrat Saan Mustopa nekat maju sebagai calon bupati Karawang, Jawa Barat dalam Pilkada serentak 2015. Saan rela mundur dari partainya dan melepaskan jabatan sebagai legislator yang baru diduduki kurang dari setahun.

"Sampai saat ini saya masih kader Partai Demokrat, dan akan mundur saat akan mendaftar nanti. Sebagai kader, itu (kemungkinan sanksi yang saya terima) menjadi konsekuensi politik," kata Saan seperti dikutip Antara, Jumat (24/7/2015).

Dalam pilkada kali ini, Saan memilih berjuang dengan dukungan Partai Gerindra, Golkar dan NasDem. Anggota Komisi II DPR RI ini akan berpasangan dengan mantan Sekretaris Daerah Karawang Iman Sumantri.

Saan juga disebut telah mengajukan surat pengunduran diri dari jabatannya sebagai Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat. Padahal, jabatan itu baru diumumkan beberapa waktu lalu, di bawah komando Ketua Umum Susilo Bambang Yudhoyono dan Sekjen Hinca Pandjaitan. Saan juga mundur dari keanggotaan Demokrat.

"Pertimbangan DPP Gerindra merekomendasikan Saan karena ia sudah mundur dari kader Partai Demokrat yang sekaligus melepaskan jabatan Wasekjen Partai Demokrat. Saan juga mundur dari anggota DPR terkait pencalonannya," kata Ketua DPC Partai Gerindra Karawang Royke Benta Sahetapi.

Royke menambahkan, Gerindra siap memenangkan pasangan Saan Mustopa dan Iman Sumantri sebagai bupati dan wakil bupati Karawang untuk lima tahun mendatang. Mereka yakin bisa menang.

 


(OGI)