Mendagri Perintahkan Kepala Daerah Jaga Terus Kebebasan Beragama

Sobih AW Adnan    •    Sabtu, 25 Jul 2015 05:41 WIB
penyerangan
Mendagri Perintahkan Kepala Daerah Jaga Terus Kebebasan Beragama
Mendagri Tjahjo Kumolo di tengah-tengah kunjungannya di Pondok Pesantren Buntet, Cirebon, Jawa Barat, Jumat (24/7/2015). (FOTO: MTVN/SOBIH ABDUL WAHID)

Metrotvnews.com, Cirebon: Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo memerintahkan para kepala daerah untuk terus menjaga kebebasan beragama di tengah masyarakat. Bila tidak, kata dia, pemerintah siap menindak tegas seperti sesuai aturan yang berlaku dan sebagaimana amanat UUD 1945.
 
“Saya kira semua kepala daerah, baik bupati, wali kota maupun gubernur sudah memahami bahwa Indonesia bukan negara agama. Pemerintah baik pusat maupun daerah harus hadir dan memberikan dukungan bagi masyarakat untuk secara bebas menjalankan ibadahnya sesuai dengan keyakinan masing-masing,” kata Tjahjo kepada Metrotvnews.com di tengah-tengah kunjungannya di Pondok Pesantren Buntet, Cirebon, Jawa Barat, Jumat (24/7/2015).

Menurut dia, bila terbukti bersalah, pemerintah bakal memberi hukuman berat bagi kepala daerah yang melanggar. Hal ini, kata dia, perlu dilakukan untuk menjaga keutuhan bangsa dan kerukunan antarumat beragama di Indonesia. "Ya (sanksinya) bisa berupa peringatan, bahkan pemberhentian,” imbuh Tjahjo.
 
Sementara itu, terkait kericuhan yang sempat terjadi di Tolikara, Papua, pada 17 Juli 2015 lalu, Tjahjo mengimbau agar masyarakat tidak mudah terpancing dan diadu domba. Dia mengatakan, kerukunan umat beragama adalah hal paling penting bagi bangsa sebesar Indonesia.
 
“Kerukunan umat beragama adalah kata kunci. Jika itu bisa terus dijalankan, maka pemerintah bisa dengan tenang melakukan pemerataan pembangunan serta masyarakat akan sejahtera,” pungkas Tjahjo.
(OGI)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

5 days Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA