Bank Mantap Pede Tahun Ini Lampaui Bank Buku I

Suci Sedya Utami    •    Sabtu, 25 Jul 2015 09:37 WIB
taspen
Bank Mantap <i>Pede</i> Tahun Ini Lampaui Bank Buku I
Direktur Utama PT Bank Mandiri Taspen Pos (Bank Mantap) Nixon LP Napitupulu. FOTO: MI/RAMDANI

Metrotvnews.com, Jakarta: Direktur Utama PT Bank Mandiri Taspen Pos (Bank Mantap) Nixon LP Napitupulu menyampaikan kinerja Bank Mantap sepanjang semester I-2015 menunjukkan pertumbuhan yang menggembirakan.

Hal itu bisa dilihat dari total aset yang terkumpul mencapai Rp2.015,9 miliar atau tumbuh 80,7 persen dibanding periode yang sama tahun lalu. Sementara dilihat dari penyaluran kredit sudah terbagikan Rp1.058,4 miliar meningkat 28,3 persen secara year on year.

Peningkatan penyaluran kredit, kata Nixon, tetap diimbangi dengan menjaga kualitasnya. Tercermin dari tingkat NPL saat ini yang mencapai 1,3 persen atau menurun dibanding periode sebelumnya yang mencapai 1,7 persen.

"NPL kita turun diangka 1,29 persen, tentunya lebih rendah dibanding yang ditargetkan 1,5 persen," kata Nixon ditemui di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Jumat, 24 Juli 2015.

Begitu pula dengan pihak ketiga yang berhasil dihimpun mencapai Rp1.295,4 miliar atau meningkat 44,2 persen year on year dan juga laba yang berhasil dibukukan mencapai Rp12,7 miliar, meningkat dibanding periode sebelumnya. Serta, likuiditas dipastikan Nixon, terjaga dengan baik.

Nixon menambahkan, pihaknya percaya, berdasarkan kinerja tersebut, pada 2016 bank yang komposisinya kepemilikan sahamnya dimiliki tiga BUMN yakni PT Bank Mandiri (Persero), PT Taspen (Persero), dan PT Pos Indonesia ini bisa melampaui kinerja bank di buku dua.

"2014 kinerja kita memang masih di bawah bank buku satu lainnya seperti Bank Prima, namun 2015 kami akan lampaui hampir sekelas bank buku satu, dan 2016 bisa lampaui bank buku dua," pungkasnya.


(AHL)