Hati-Hati, 328 Perusahaan Investasi Beroperasi Tanpa Izin Resmi

Eko Nordiansyah    •    Sabtu, 25 Jul 2015 09:45 WIB
ojk
Hati-Hati, 328 Perusahaan Investasi Beroperasi Tanpa Izin Resmi
OJK catat ada 328 perusahaan investasi beroperasi tanpa izin resmi. ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Metrotvnews.com, Jakarta: Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat terdapat sebanyak 328 perusahaan investasi beroperasi tanpa izin resmi sejak 2013 hingga pertengahan 2015.

Anggota Dewan Komisioner OJK Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen Kusumaningtuti Setiono mengatakan, jumlah tersebut diketahui dari laporan masyarakat yang menanyakan legalitas 328 perusahaan yang menawarkan investasi kepada mereka.

"Paling banyak ini modelnya melalui penawaran investasi melalui online, ini perlu diwaspadai dan informasi ini sudah diteruskan ke Satgas Waspada Investasi OJK," ujarnya di Kantor OJK Gedung Soemitro, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Jumat, 24 Juli 2015.

Oleh karena itu, dirinya meminta agar masyarakat tetap hati-hati dan lebih teliti ketika menerima tawaran investasi. Biasanya perusahaan investasi ilegal ini menjanjikan keuntungan yang tinggi dengan investasi ringan.

Selain itu, Kusumaningtuti juga tak menampik jika perusahaan investasi yang tak berizin beroperasi di luar Jakarta. Meskipun, keberadaannya lebih dominan di kota-kota besar yang ada di Indonesia.

"Ini paling banyak di kota-kota besar, seperti Jakarta, Surabaya, Batam. Bahkan ada yang di Jayapura," pungkasnya.


(AHL)