Ubah Kebiasaan Saat Haid dengan 4 Cara Ini

Torie Natalova    •    Sabtu, 25 Jul 2015 10:41 WIB
kesehatan
Ubah Kebiasaan Saat Haid dengan 4 Cara Ini
Cobalah untuk menghindari garam dan gula berlebih. (Foto:telegraph)

Metrotvnews.com, Jakarta: Saat memasuki masa haid, setiap wanita memiliki ritualnya sendiri-sendiri untuk mengatasi rasa sakit. Apakah ada cara untuk menjadikan periode haid sebagai "teman" para wanita dan bukan menjadi musuh bulanan?

Jika ingin haid Anda tidak mengganggu aktivitas, lupakan kebiasaan lama Anda dan cobalah untuk mengubahnya seperti cara berikut.

1. Ubah pola makan
Dr Gino Tutera, dokter kandungan yang telah berpengalaman selama 40 tahun mengatakan, apa yang Anda makan sangat berpengaruh pada masa haid Anda. Selama haid, tubuh akan menjadi lebih sensitif terhadap makanan dan makanan aditif karena pergeseran hormon, yakni kelebihan garam dan gula.

Jadi, hindari terlalu banyak garam dan gula, serta lebih banyak minum air meski perut Anda terasa kembung. Kalium seperti yang ada dalam pisang juga bisa membantu mengatasi ketidaknyamanan Anda.

2. Mengelola stres
Ketegangan emosional memainkan bagian besar dari aliran qi dan darah dalam tubuh. Stres dan kecemasan mengganggu hormon yang terjadi di siklus haid wanita. Emosi seperti frustasi, kemarahan, kecemasan, kekhawatiran juga suasana hati memiliki efek besar pada bagaimana Anda memandang kenyamanan dan ketidaknyamanan. 

Orang yang stres atau cemas biasanya memiliki ambang nyeri yang lebih rendah dan raktif terhadap rasa sakit. Cobalah untuk meditasi atau tetap tenang untuk mengelola emosi Anda.

3. Magnesium
Masalah pencernaan seperti perut kembung dan sembelit selalu menyertai masa haid wanita. Ahli gizi Dr Carolyn Dean mengatakan, magnesium adalah racun alami dan membuat otot rileks. Jika usus tidak pernah kosong dalam sehari, racun bisa diserap kembali ke dalam tubuh dari usus besar. Semakin lama puing-puing makanan di usus besar, yang lebih cari akan diserap sehingga membuat tinja lebih solid sehingga sulit dibuang.

Cobalah untuk konsumsi makanan yang mengandung magnesium tinggi seperti sayuran berdaun hijau, biji-bijian, ikan, kacang kedelai dan alpukat.

4. Keluarkan keringat
Wanita yang sedang haid merasa tubuhnya sangat lemah dan lemas untuk berkegiatan. Olahraga saat haid bisa memberikan beberapa manfaat tersendiri. Secara subtansial, olahraga bisa mengurangi kram dan kembung. Tubuh akan memproduksi lebih sedikit estrogen. Pergeseran hormon dapat memiliki efek yang besar pada metabolisme tubuh. 

Namun, hindari olahraga mengangkat yang terlalu berat karena bisa menyebabkan darah semakin banyak keluar. Anda juga harus menghindari gerakan yang membalikkan badan dengan kepala di bawah dan kaki di atas. Ini akan menyebabkan rahim Anda mengisi lebih banyak darah yang bisa menimbulkan pendarahan. (Sheknows)


(LOV)