Pembangunan Infrastruktur Air Penting di NTT

Mufti Sholih    •    Sabtu, 25 Jul 2015 11:26 WIB
jokowi
Pembangunan Infrastruktur Air Penting di NTT
Jokowi bersalaman dengan warga---Ant/Siswodidodo

Metrotvnews.com, Kupang: Presiden Joko Widodo mengatakan Pemerintah akan fokus untuk memastikan kebutuhan air di Nusa Tenggara Timur dapat terpenuhi. Sebab, air mempengaruhi hampir semua sektor kehidupan.

Saat mengunjungi Desa Menusak di Nusa Tenggara Timur (NTT), Kepala Negara mengatakan kerja pemerintah untuk memenuhi kebutuhan air antara lain dengan membangun infrastruktur.

"NTT ini mempunyai masalah besar, air. Dengan kondisi lapangan yang kita lihat, kalau tidak ada air, sampai kapan pun masalah di sini tidak akan selesai. Oleh sebab itu tahun ini dibangun tujuh waduk bendungan di NTT. Kita harapkan 2-3 tahun selesai," kata Presiden, seperti dilansir Antara, Sabtu (25/7/2015).

Jika air sudah tersedia, kata Jokowi, pemerintah baru bisa merencanakan apapun untuk membangun NTT.

"Kuncinya ada di air kalau sudah tersedia air, baru berbicara apa yang mau kita tanam. Tanam jagung bisa, padi ada beberapa wilayah disini bisa, sorgum juga bisa, tebu juga bisa. Lalu ternak juga bisa. Kalau kita berbicara-bicara, pondasinya tidak dilakukan tidak bisa," sebut dia.

Karena itu, Jokowi ingin memastikan, pembangunan Waduk Raknamo berjalan lancar. "Karena itu, saya mendadak datang ke sini. Saya baru memberi tahu Pak Gubernur kemarin. Prosesnya jadinya seperti apa ini yang mau kita lihat. Yang enam nanti menyusul," tegasnya.


(TII)