Koalisi Majapahit Pastikan Usung Calon Tantang Risma

Amaluddin    •    Sabtu, 25 Jul 2015 12:09 WIB
pilkada serentak
Koalisi Majapahit Pastikan Usung Calon Tantang Risma
Dukung Risma----Ant/Zabur Karuru

Metrotvnews.com, Surabaya: Menjelang pendaftaran pasangan calon wali kota, Koalisi Majapahit memastikan segera mendaftarkan pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Surabaya. Koalisi Majapahit merupakan kumpulan partai politik (Parpol) yang digadang-gadang mampu melawan calon penahan pasangan Tri Rismaharini-Wishnu Sakti Buana.

"Sudah ada namanya. Tunggu saja nanti dan akan kita daftarkan ke KPU Surabaya," kata Ketua DPC PKB Surabaya, Syamsul Arifin, di Surabaya, kemarin.

Adik Menpora Imam Nahrawi itu membantah, jika Koalisi Majapahit tidak mengajukan calon. Dia mengaku sudah ada nama yang mengerucut dan siap dicalonkan. Namun, saat ini masih dikomunikasikan dengan anggota partai koalisi dari tingkatan cabang hingga DPP. "Pokoknya sesegera mungkin kita daftarkan jika sudah selesai," katanya.

Popularitas dan elektabilitas Risma yang cukup tinggi membuat partai di Surabaya enggan memunculkan nama calon lawan. Namun sejumlah nama sempat disebut-sebut bakal melawan Risma, antara lain, dua praktisi media, Sukoto dan Dhimam Abror, Politisi PKB Arzetti Bilbina, hingga musisi terkenal Ahmad Dhani.

Terpisah, Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPC PDIP Kota Surabaya, Adi Sutarwijono, mengaku siap mendaftarkan pasangan Risma-Wishnu. Rencananya, PDIP mendaftarkan pasangan calon pada hari pertama pembukaan pendaftaran wali kota Surabaya pada Minggu 26 Juli, besok. Ia berharap, Pilkada Surabaya ini terselenggara tanpa ada penundaan. Hal ini untuk menjaga keberlangsungan Pemerintahan Kota Surabaya.

PDIP akan siap melaksanakan apapun yang menjadi keputusan soal penyelenggaraan Pilwalkot. Asalkan aturannya dikeluarkan pemerintah, bukan produk KPU. "KPU telah melampuai kewenangannya, karena soal penundaan itu menjadi kewenangan pemerintah. Kami siap melaksanakan aturan jika itu (penundaan) dari pemerintah, bukan KPU yang memutuskan," pungkasnya.

Sekadar diketahui, Koalisi Majapahit ini merupakan gabungan parpol di luar PDIP. Parpol tersebut adalah Partai Gerindra, Partai Demokrat, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).


(TII)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

6 days Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA