Manfaat Minyak Alpukat untuk Kesehatan

   •    Sabtu, 25 Jul 2015 13:06 WIB
kesehatan
Manfaat Minyak Alpukat untuk Kesehatan
Alpukat kaya akan vitamin dan mineral. (Foto:cheatsheet.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Minyak alpukat bukan hanya berperan penting dalam hal kecantikan, namun juga baik untuk kesehatan. Buah alpukat yang secara keseluruhan mengandung banyak vitamin dan nutrisi memang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Tapi, bukan hanya buahnya saja, minyak alpukat pun tidak kalah menguntungkan untuk kesehatan Anda. Mengapa demikian? Berikut alasan kenapa minyak alpukat baik untuk dunia kesehatan.

- Gigi dan gusi sehat

Untuk menghindari gigi berlubang dan menjaga gigi dan gusi tetap sehat, Anda dapat membuat campuran minyak alpukat dan minyak kedelai dalam jumlah yang sama dan menggunakan campuran minyak ini untuk memijat gusi dan gigi untuk beberapa waktu. Ini membantu untuk menyingkirkan gigi berlubang, masalah mulut dan radang.

- Mengontrol tekanan darah

Orang yang menderita hipertensi atau tekanan darah tinggi dapat menemukan solusinya dengan menggunakan minyak alpukat. Studi menunjukkan bahwa minyak alpukat sangat efektif dalam mengontrol tekanan darah tinggi karena mengandung asam lemak yang mengatur reaksi kimia dalam ginjal yang mengakibatkan perubahan kadar hormon. Ini mengapa bagi Anda yang menderita hipertensi perlu menggunakan minyak alpukat.

- Menyembuhkan psoriasis

Orang yang menderita psoriasis (salah satu penyakit kulit) dapat menggunakan campuran minyak alpukat yang mengandung vitamin B12 dan serum. Baru kemudian menerapkannya secara teratur pada belang-belang di kulit. Dibutuhkan sekitar 3-4 minggu untuk melihat hasilnya.

- Jantung sehat

Asam lemak tak jenuh tunggal merupakan yang terbaik untuk jantung, sedangkan lemak jenuh sangat berbahaya. Minyak alpukat memiliki itu semua. Selain itu minyak alpukat juga dapat menurunkan kadar kolesterol dan menjaga jantung Anda untuk tetap sehat.

- Berat badan

Tahukah Anda bahwa meskipun minyak alpukat memiliki 90 persen lemak, ternyata tetap bisa membantu dalam penurunan berat badan? Ya benar, lemak tak jenuh pada minyak alpukat akan digantikan oleh sumber lemak jenuh yang kembali membantu dalam penurunan berat badan. Maka dari itu, Anda bisa menggunakan minyak alpukat untuk solusi masalah berat badan Anda.

- Anti-kanker

Ya, penelitian telah membuktikan bahwa menggunakan minyak alpukat secara teratur membantu melindungi jantung dan juga mencegah kanker mulut menyebar. Tapi, minyak alpukat tidak baik untuk wanita yang menderita kanker payudara. Jadi sebelum menggunakan minyak alpukat, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter.

- Membantu pencernaan 

Minyak alpukat membantu dalam meningkatkan pencernaan Anda, yang perlu Anda lakukan hanyalah mengganti minyak goreng biasa dengan minyak alpukat. Asupan hanya satu sendok teh minyak alpukat membuat saluran pencernaan Anda dalam kondisi baik dan juga mencegah sembelit. (Sumarni/Boldsky)


(LOV)