Dampak Krisis Tiongkok Lebih Mengkhawatirkan Ketimbang Yunani

Arif Wicaksono    •    Sabtu, 25 Jul 2015 13:59 WIB
ekonomi indonesia
Dampak Krisis Tiongkok Lebih Mengkhawatirkan Ketimbang Yunani
Sofyan Wanandi, ANT, Fanny Octavianus)

Metrotvnews.com, Jakarta: Koordinator Tenaga Ahli Wakil Presiden Sofyan Wanandi menuturkan dampak perlambatan perekonomian tiongkok akan lebih mengkhawatirkan ketimbang dengan krisis yang menimpa Yunani.

Hal ini karena Tiongkok merupakan importir terbesar komoditas Indonesia sehingga pelambatan ekonomi yang dialami Tiongkok akan berdampak ke Indonesia.

Dia menjelaskan dampak dari jatuhnya bursa saham Tiongkok dikhawatirkan akan berdampak ke sektor riil yang nantinya akan berdampak kepada hasil ekspor Indonesia serta investasi yang masuk ke Indonesia.

“Kalau ekonomi di Tiongkok melambat dampaknya besar karena hubungan kita dengan Tiongkok sangat besar dalam perdagangan,” kata Sofyan kepada Metrotvnews.com belum lama ini, seperti diberitakan Sabtu (25/7/2015).

Dia juga menjelaskan kondisi yang berbeda jika terjadi dengan perekonomian Yunani yang memiliki hubungan dagang yang minim dengan Indonesia. Meski demikian, dia mengkhawatirkan dampak turunan dari pelemahan perekonomian Yunani yang nantinya akan berdampak ke sejumlah negara Eropa.

“Kalau itu terjadi, yang akan kena dampak dari pelemahan adalah negara Indonesia karena ekspor ke UE itu juga besar, namun dampaknya secara tidak langsung,” kata dia.
 


(SAW)